Upacara Hari Kesaktian Pancasila : Mengukuhkan Komitmen terhadap Nilai-Nilai Luhur Pancasila

Sarif Jabroni, Anto & Yahya 01 Oktober 2024 16:02:14 WIB

Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Kapanewon Sewon: Mengukuhkan Komitmen terhadap Nilai-Nilai Luhur Pancasila

Oleh : Sarif Jabroni Dan Anto

     ( Bangunharjo, 01/10 ) - Pada pagi hari ini, Selasa, tanggal 1 Oktober 2024, Kapanewon Sewon telahpun menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila dengan penuh khidmat bertempat di pelataran Kalurahan Bangunharjo. Acara ini menjadi momen penting untuk mengenang jasa para pahlawan revolusi yang gugur dalam peristiwa kelam Gerakan 30 September (G30S) pada tahun 1965. Selain itu, upacara ini juga menjadi pengingat bagi seluruh masyarakat bahwa ideologi Pancasila tetap kokoh, tidak tergantikan oleh paham apapun, serta menjadi fondasi kuat dalam menjaga keutuhan dan keberagaman bangsa Indonesia.

     Pasukan upacara hari ini terdiri dari berbagai elemen masyarakat dan instansi di wilayah Sewon. Panewu Sewon, Kapolsek Sewon beserta jajaran, Danramil Sewon bersama anggotanya, Kepala KUA Sewon beserta staf, Kepala Puskesmas Sewon 1 dan 2 dengan jajarannya, serta Koordinator Wilayah Pendidikan Sewon turut hadir dalam upacara ini. Selain itu, perwakilan dari empat kalurahan di Sewon, yaitu Lurah, Pamong, dan staf dari Bangunharjo, Panggungharjo, Timbulharjo, dan Pendowoharjo juga hadir. Kehadiran siswa-siswi dari SD Ngoto menambah semarak upacara pagi ini.

     Bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Ipda Heru Mulyono, sementara Inspektur Upacara dipimpin oleh Kapolsek Sewon, Kompol Hanung Triwidianto, S.H., M.Si. Tema yang diangkat dalam peringatan ini adalah "Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas," sebuah tema yang menggambarkan semangat gotong royong untuk membawa Indonesia menuju masa depan yang lebih cerah dan sejahtera.

     Puncak dari upacara ini adalah pembacaan Ikrar Kesetiaan terhadap Pancasila, yang dipimpin oleh inspektur upacara. Seluruh peserta dengan penuh semangat mengikuti pembacaan ikrar ini, sebagai bentuk komitmen untuk terus mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Momen ini menjadi simbol kebulatan tekad seluruh elemen masyarakat Sewon untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dalam menghadapi berbagai tantangan zaman.

     Upacara peringatan ini tidak hanya bersifat seremonial, tetapi juga menjadi pengingat pentingnya peran serta masyarakat dalam menjaga ideologi Pancasila sebagai landasan utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Pancasila, yang telah teruji oleh sejarah, tetap menjadi dasar yang kokoh dalam memperkuat harmoni dan keberagaman di Indonesia.

     Acara berlangsung dengan tertib dan penuh khidmat hingga selesai, mencerminkan rasa nasionalisme yang masih tertanam kuat di dalam hati masyarakat Sewon. Dengan semangat Hari Kesaktian Pancasila ini, diharapkan seluruh masyarakat Indonesia, khususnya di wilayah Sewon, dapat terus menghidupkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dan bersama-sama mewujudkan cita-cita Indonesia yang adil, makmur, dan berdaulat.[]

</p

</p

</p

Komentar atas Upacara Hari Kesaktian Pancasila : Mengukuhkan Komitmen terhadap Nilai-Nilai Luhur Pancasila

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Info Terkini




Peraturan Kalurahan & Peraturan Lurah Kalurahan Bangunharjo

Hotline

WACenter Bangunharjo

Instagram Resmi Bangunharjo


Info Kalurahan

AGENDA KALURAHAN 2024

Gratis!HALAL,PIRT & NIB

Alur Layanan Mandiri

Syarat Persuratan

APBKal Tahun 2023

APBKal Tahun Sebelumnya

Instansi Terkait

null

Pemerintah Kabupaten Bantul

Jl. Robert Wolter Monginsidi No.1 Bantul

Web: KLIK DISINI | Fb: KLIK DISINI



null

Pemerintah Kapanewon Sewon

Jl. Parangtritis Km 6, Sewon, Bantul

(0274) 379168 | Web: KLIK DISINI



null

Puskesmas Sewon II

Jl. Parangtritis Km 6, Sewon, Bantul

(0274) 445248 | Fb: KLIK DISINI

Web: KLIK DISINI



null

KUA Sewon

Jl. Parangtritis Km 5.6, Sewon, Bantul

(0274) 384018 | Web: KLIK DISINI



null

POLSEK Sewon

Jl. Parangtritis Km 5.6, Sewon, Bantul

(0274) 376559 | Web: KLIK DISINI



null

KORAMIL 04/Sewon

Jl. Parangtritis Km 5, Sewon, Bantul

(0274) | Web: KLIK DISINI

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung
Kebijakan Privasi

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License