Forum Silaturahmi Guru TKA-TPA se-Kalurahan Bangunharjo

Sarif Jabroni, Anto & Yahya 22 Juli 2024 05:14:50 WIB

Forum Silaturahmi Guru TKA-TPA se-Kalurahan Bangunharjo: Membangun Generasi Berakhlak Mulia Melalui Pendidikan Al-Quran

Oleh : Sarif Jabroni Dan Anto

     ( Bangunharjo, 21/7 ) - Pemerintah Kalurahan Bangunharjo memfasilitasi forum silaturahmi bagi para guru TKA dan TPA sekalurahan Bangunharjo serta Badan Koordinasi TKA-TPA (BADKO TKA-TPA) Kapanewon Sewon. Acara ini berlangsung di pendopo Kalurahan Bangunharjo pada hari Ahad, 21 Juli 2024 pukul 13.00 WIB, dengan dihadiri oleh ustadz dan ustadzah TKA dan TPA, Kepala Badko TKA-TPA Kabupaten Bantul Arif Nuryanto, serta ketua dan jajaran pengurus Badko Kapanewon Sewon. Dari pemerintah kalurahan Bangunharjo, hadir Kamituwo Rahmadi dan staf kalurahan Ahmad Ghuril Muhajallin.

     Acara inti forum ini menampilkan Kiai Ahmad Fadly dari Padukuhan Tanjung yang memberikan tausyiah dan motivasi kepada para Asatidz TKA-TPA yang hadir. Dalam tausyiahnya, Kiai Ahmad Fadly menjelaskan kemuliaan menjadi guru TKA-TPA karena yang diajarkan adalah ilmu tentang Alquran. Beliau menjelaskan, "Alquran adalah mukjizat dan Alquran adalah kemuliaan. Maka segala yang ditempeli oleh Alquran akan mendatangkan kemuliaan. Setiap media yang ditempeli ayat-ayat Alquran harus disentuh dengan wudhu. Ada ulama tafsir yang menyatakan demikian. Ketika kita menempelkan Alquran pada hati anak-anak kita, itu akan menjadikan mereka mulia."

     Kiai Ahmad Fadly juga mengajarkan metode mengajarkan membaca Alquran pada anak-anak dengan menganalogikan dengan hadist nabi tentang mengajarkan shalat kepada anak-anak, "Ajarkan anakmu untuk shalat mulai umur 7 tahun dan pukullah ketika mereka tidak mau melaksanakan shalat ketika sudah berumur 10 tahun. Umur 7 tahun adalah keramat. Mengajarkan Alquran untuk anak di bawah 7 tahun dengan metode yang sesuai adalah cara sahabat yakni dengan menirukan."

     Senada dengan Kiai Ahmad Fadly, Lurah Bangunharjo, Nurhidayat, juga memberikan perhatian khusus terhadap pendidikan anak-anak, khususnya ilmu agama atau Alquran. Pak Lurah menyatakan sedang berupaya fokus ke arah pembangunan spiritual masyarakat sejak dini, salah satunya melalui pendidikan nonformal seperti Taman TKA dan TPA. Melalui pendidikan Alquran sejak dini, diharapkan nilai-nilai Alquran sebagai sumber ajaran hidup orang Islam dapat terinternalisasi pada diri anak-anak. Sehingga, di masa depan, generasi Bangunharjo akan memiliki akhlak mulia, menjunjung tinggi toleransi dalam perbedaan, serta menciptakan kehidupan yang harmonis di tengah kebinekaan Indonesia, khususnya di Kalurahan Bangunharjo.

     Untuk mendukung hal tersebut, pemerintah kalurahan memberikan apresiasi dengan memfasilitasi forum ini karena selama ini guru-guru TKA-TPA, khususnya yang tergabung dalam BADKO TKA/TPA, dipercaya sebagai lembaga pendidikan Alquran paling dasar yang berupaya menciptakan pembelajaran yang selaras dengan cita-cita pemerintah Kalurahan Bangunharjo.[]

Komentar atas Forum Silaturahmi Guru TKA-TPA se-Kalurahan Bangunharjo

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Info Terkini




Peraturan Kalurahan & Peraturan Lurah Kalurahan Bangunharjo

Hotline

WACenter Bangunharjo

Instagram Resmi Bangunharjo


Info Kalurahan

AGENDA KALURAHAN 2024

Gratis!HALAL,PIRT & NIB

Alur Layanan Mandiri

Syarat Persuratan

APBKal Tahun 2023

APBKal Tahun Sebelumnya

Instansi Terkait

null

Pemerintah Kabupaten Bantul

Jl. Robert Wolter Monginsidi No.1 Bantul

Web: KLIK DISINI | Fb: KLIK DISINI



null

Pemerintah Kapanewon Sewon

Jl. Parangtritis Km 6, Sewon, Bantul

(0274) 379168 | Web: KLIK DISINI



null

Puskesmas Sewon II

Jl. Parangtritis Km 6, Sewon, Bantul

(0274) 445248 | Fb: KLIK DISINI

Web: KLIK DISINI



null

KUA Sewon

Jl. Parangtritis Km 5.6, Sewon, Bantul

(0274) 384018 | Web: KLIK DISINI



null

POLSEK Sewon

Jl. Parangtritis Km 5.6, Sewon, Bantul

(0274) 376559 | Web: KLIK DISINI



null

KORAMIL 04/Sewon

Jl. Parangtritis Km 5, Sewon, Bantul

(0274) | Web: KLIK DISINI

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung
Kebijakan Privasi

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License