Rapat Koordinasi Jaga Warga Kalurahan Bangunharjo: Sosialisasi Bahaya Narkoba dan Program Pemulihan

Sarif Jabroni, Anto & Yahya 06 Juni 2024 07:46:25 WIB

Rapat Koordinasi Jaga Warga Kalurahan Bangunharjo: Sosialisasi Bahaya Narkoba dan Program Pemulihan

Oleh : Sarif Jabroni Dan Anto

     ( Bangunharjo, 06/6 ) - Sebanyak 129 anggota Jaga Warga Kalurahan Bangunharjo menghadiri undangan rapat koordinasi yang diadakan di pendopo Balai Kalurahan Bangunharjo. Acara ini dilangsungkan pada Selasa, 5 Juni 2024, pukul 20.00 - 22.00 WIB dan dihadiri oleh Lurah Bangunharjo Nurhidayat, S.Ag, M.S.I, Jogoboyo (Dihan Rudianto), Carik Bangunharjo (Eko Prasetyo), Babinsa, Bhabinkamtibmas, serta menghadirkan narasumber utama dari BNNK Bantul, Siti Muflihah, S.I.Kom.

     Rapat koordinasi ini bertujuan untuk memperkuat peran Jaga Warga sebagai garda terdepan dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan mereka, sekaligus mensosialisasikan bahaya narkoba dan program pemulihan yang sedang dijalankan di Kalurahan Bangunharjo.

     Pada kesempatan tersebut, Siti Muflihah dari BNNK Bantul memberikan materi sosialisasi tentang bahaya narkoba. Beliau menjelaskan secara rinci berbagai jenis narkoba, efek-efeknya terhadap kesehatan, serta risiko hukum yang mengintai para pengguna dan pengedar narkoba. Sosialisasi ini juga mengungkapkan bahwa di Kalurahan Bangunharjo telah terbentuk tim agen pemulihan yang menjalankan Program Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM).

     Program IBM ini merupakan inisiatif dari BNN yang bertujuan untuk memberikan pendampingan bagi individu yang terjerat narkoba, dengan fokus pada pemulihan dan reintegrasi mereka ke dalam masyarakat. Program ini dirancang untuk mendukung visi Bangunharjo Bersinar, sebuah program yang bertujuan untuk menjadikan Kalurahan Bangunharjo bebas dari narkoba dan membangun lingkungan yang sehat dan aman.

     Siti Muflihah menekankan pentingnya peran Jaga Warga dalam menyukseskan program ini. Anggota Jaga Warga diharapkan dapat berperan aktif dalam mengawasi dan melaporkan aktivitas yang mencurigakan, serta memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya narkoba dan pentingnya menjaga lingkungan yang bersih dari narkoba.

     Acara rapat koordinasi yang diisi dengan sosialisasi dari BNNK Bantul ini berjalan lancar dan efektif. Para anggota Jaga Warga yang hadir menunjukkan antusiasme dan fokus yang tinggi selama materi sosialisasi disampaikan. Hal ini terlihat dari adanya diskusi dua arah yang aktif antara narasumber dan peserta. Pertanyaan-pertanyaan kritis dari peserta menunjukkan bahwa mereka benar-benar memahami dan peduli dengan isu yang dibahas.

     Dalam sambutannya, Lurah Bangunharjo, Nurhidayat, S.Ag, M.S.I, menyampaikan harapannya agar anggota Jaga Warga dapat menjadi garda terdepan dalam upaya pencegahan penggunaan narkoba di lingkungan masyarakat Bangunharjo. "Kami berharap anggota Jaga Warga dapat memainkan peran yang aktif dan signifikan dalam mensukseskan program Bangunharjo Bersinar ini, khususnya dalam upaya pencegahan dan pemberantasan penggunaan narkoba di kalurahan kita," ujar Pak Lurah.

     Nurhidayat juga menekankan pentingnya kerjasama dan sinergi antara berbagai pihak dalam mewujudkan lingkungan yang bebas narkoba. Beliau mengapresiasi inisiatif BNNK Bantul yang telah memberikan sosialisasi dan berharap bahwa kegiatan serupa dapat terus dilakukan untuk memperkuat pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang bahaya narkoba.

     Acara ini ditutup dengan komitmen bersama dari seluruh peserta rapat untuk mendukung dan mensukseskan program Bangunharjo Bersinar. Mereka sepakat untuk terus memperkuat koordinasi dan komunikasi, serta meningkatkan upaya pencegahan dan pemberantasan narkoba di lingkungan mereka. Dengan semangat kebersamaan dan tanggung jawab bersama, diharapkan Kalurahan Bangunharjo dapat menjadi contoh yang baik dalam upaya mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat.

     Dengan demikian, rapat koordinasi ini tidak hanya berhasil memperkuat peran Jaga Warga tetapi juga mempertegas komitmen Kalurahan Bangunharjo dalam melawan bahaya narkoba. Keberhasilan program ini sangat bergantung pada partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang aman, sehat, dan bersinar. []

Komentar atas Rapat Koordinasi Jaga Warga Kalurahan Bangunharjo: Sosialisasi Bahaya Narkoba dan Program Pemulihan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Info Terkini




IFO LIBUR DAN CUTI BERSAMA IDUL ADHA 1445 H

Hotline

WACenter Bangunharjo

Instagram Resmi Bangunharjo


Info Kalurahan

AGENDA KALURAHAN 2024

Gratis!HALAL,PIRT & NIB

Alur Layanan Mandiri

Syarat Persuratan

APBKal Tahun 2023

APBKal Tahun Sebelumnya

Instansi Terkait

null

Pemerintah Kabupaten Bantul

Jl. Robert Wolter Monginsidi No.1 Bantul

Web: KLIK DISINI | Fb: KLIK DISINI



null

Pemerintah Kapanewon Sewon

Jl. Parangtritis Km 6, Sewon, Bantul

(0274) 379168 | Web: KLIK DISINI



null

Puskesmas Sewon II

Jl. Parangtritis Km 6, Sewon, Bantul

(0274) 445248 | Fb: KLIK DISINI

Web: KLIK DISINI



null

KUA Sewon

Jl. Parangtritis Km 5.6, Sewon, Bantul

(0274) 384018 | Web: KLIK DISINI



null

POLSEK Sewon

Jl. Parangtritis Km 5.6, Sewon, Bantul

(0274) 376559 | Web: KLIK DISINI



null

KORAMIL 04/Sewon

Jl. Parangtritis Km 5, Sewon, Bantul

(0274) | Web: KLIK DISINI

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License