Pemanfaatan Dana Desa untuk Kesejahteraan Masyarakat Bangunharjo

Sarif Jabroni, Anto & Yahya 06 Juni 2024 07:41:12 WIB

Pembangunan Infrastruktur di Kalurahan Bangunharjo: Pemanfaatan Dana Desa untuk Kesejahteraan Masyarakat

Oleh: Sarif Jabroni Dan Anto

     ( Bangunharjo, 05/6 ) - Kucuran Dana Desa (DD) di Kalurahan Bangunharjo benar-benar dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk pembangunan infrastruktur. Pada tahun anggaran 2024, Pemerintah Kalurahan Bangunharjo merealisasikan pembangunan jalan cor beton yang bersumber dari dana desa di hampir semua padukuhan. Langkah ini diambil sebagai upaya untuk meningkatkan aksesibilitas dan kenyamanan warga dalam beraktivitas sehari-hari.

     Sebagai bentuk pengawasan guna memastikan pengerjaan jalan cor beton berjalan maksimal sesuai rencana dan anggaran, Lurah Bangunharjo, Nurhidayat S.Ag, M.S.I, bersama beberapa staf kalurahan dan Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Kalurahan Bangunharjo, meninjau langsung ke lokasi pengerjaan di Padukuhan Saman, Druwo, dan Demangan. Kunjungan ini dilakukan pada hari Selasa, 5 Juni 2024, sebagai bagian dari kegiatan monitoring.

     Lurah Bangunharjo, Nurhidayat S.Ag, M.S.I, mengungkapkan bahwa pembangunan jalan gang jenis cor beton ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat. "Dengan dibangunnya jalan gang jenis cor beton ini, mudah-mudahan bisa makin bermanfaat bagi masyarakat. Kami mengharapkan masyarakat untuk membantu merawat bangunan jalan cor beton tersebut agar bangunan bisa awet nantinya," kata Pak Lurah.

     Syaiful Murod, selaku pendamping desa, menambahkan bahwa jalan cor beton yang dibangun oleh pemerintah desa melalui TPK Kalurahan sudah sesuai dengan spesifikasinya. "Selaku pendamping desa kami hanya bisa mengarahkan agar bangunan tersebut sesuai dengan apa yang diharapkan," ujarnya.

     Pembangunan jalan cor beton ini bukan hanya sekadar proyek infrastruktur biasa. Ini adalah langkah strategis yang diambil oleh Pemerintah Kalurahan Bangunharjo untuk meningkatkan kualitas hidup warga. Jalan yang baik dan berkualitas tinggi akan mendukung berbagai aktivitas ekonomi, sosial, dan pendidikan di daerah tersebut. Masyarakat kini dapat merasakan akses yang lebih mudah dan cepat, yang pada akhirnya akan meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan mereka.

     Pendekatan kolaboratif yang diambil oleh Pemerintah Kalurahan Bangunharjo dalam pembangunan ini patut diapresiasi. Keterlibatan berbagai pihak, mulai dari lurah, staf kalurahan, tokoh masyarakat, hingga tim penggerak kesejahteraan, menunjukkan komitmen kuat dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

     Selain itu, keterlibatan masyarakat dalam proses perawatan infrastruktur juga menjadi faktor penting. Pemerintah mengharapkan adanya partisipasi aktif dari masyarakat untuk menjaga dan merawat fasilitas yang telah dibangun. Hal ini tidak hanya akan memperpanjang umur jalan cor beton, tetapi juga membangun rasa memiliki dan tanggung jawab bersama.

     Syaiful Murod juga mengapresiasi kinerja kalurhan dalam hal ini " secara keseluruhan, program pembangunan jalan cor beton di Kalurahan Bangunharjo adalah contoh nyata dari pemanfaatan dana desa yang efektif dan tepat sasaran. Ini membuktikan bahwa dengan pengelolaan yang baik dan pengawasan yang efektif, dana desa dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat secara signifikan. Langkah ini juga menunjukkan pentingnya transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan dana publik, yang pada akhirnya akan membangun kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah" ujar Syaiful Murod.

     Pak lurah juga menekankan bahwasanya Pemerintah Kalurahan Bangunharjo terus berkomitmen untuk melanjutkan program-program pembangunan lainnya yang akan membawa dampak positif bagi seluruh lapisan masyarakat. Dengan semangat gotong royong dan partisipasi aktif dari semua pihak, cita-cita untuk mewujudkan Kalurahan Bangunharjo yang maju, sejahtera, dan berkelanjutan sesuai dengan moto "Bangunharjo Gumregah" bukanlah hal yang sulit. []

Komentar atas Pemanfaatan Dana Desa untuk Kesejahteraan Masyarakat Bangunharjo

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Info Terkini




IFO LIBUR DAN CUTI BERSAMA IDUL ADHA 1445 H

Hotline

WACenter Bangunharjo

Instagram Resmi Bangunharjo


Info Kalurahan

AGENDA KALURAHAN 2024

Gratis!HALAL,PIRT & NIB

Alur Layanan Mandiri

Syarat Persuratan

APBKal Tahun 2023

APBKal Tahun Sebelumnya

Instansi Terkait

null

Pemerintah Kabupaten Bantul

Jl. Robert Wolter Monginsidi No.1 Bantul

Web: KLIK DISINI | Fb: KLIK DISINI



null

Pemerintah Kapanewon Sewon

Jl. Parangtritis Km 6, Sewon, Bantul

(0274) 379168 | Web: KLIK DISINI



null

Puskesmas Sewon II

Jl. Parangtritis Km 6, Sewon, Bantul

(0274) 445248 | Fb: KLIK DISINI

Web: KLIK DISINI



null

KUA Sewon

Jl. Parangtritis Km 5.6, Sewon, Bantul

(0274) 384018 | Web: KLIK DISINI



null

POLSEK Sewon

Jl. Parangtritis Km 5.6, Sewon, Bantul

(0274) 376559 | Web: KLIK DISINI



null

KORAMIL 04/Sewon

Jl. Parangtritis Km 5, Sewon, Bantul

(0274) | Web: KLIK DISINI

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License