1000 Hari Mengenang Almarhum Bapak Muh. Jamhari (Ayahanda Lurah Bangunharjo)

Sarif Jabroni, Anto & Yahya 24 Desember 2023 12:05:07 WIB

Oleh : Sarif Jabroni Dan Anto 

     Pada Sabtu malam, 23 Desember 2023 pukul 20.00 WIB, suasana ramai penuh khidmat memenuhi Pelataran masjid Baiturahman Saman. Ratusan orang dari berbagai lapisan masyarakat berkumpul untuk mendoakan almarhum, Bapak Muh. Jahari, almarhum merupakan Ayahanda dari Lurah Bangunharjo, Nurhidayat S Ag, M. S.I. 

     Acara tahlilan yang dihadiri oleh tetangga dan kerabat ini menghadirkan KH Subhan Nawawi, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bantul, untuk menyampaikan Maudhoh Hasanahnya. 

     Turut hadir keluarga besar pemerintah Kalurahan Bangunharjo, pamong, staf, bamuskal, pengurus bumkal dan lainnya. Hadir pula Pengurus Nahdlatul Ulama baik dari MWCNU Sewon, dan PRNU Bangunharjo. 

     Kegiatan tahlil yang dipimpin oleh Kiai Marzuki Imron ini diadakan untuk mengenang 1000 hari wafatnya Almarhum Muh. Jahari, yang berpulang pada hari Ahad, 11 April 2021.

     Dalam ceramah Mauidhoh Hasanahnya, KH Subhan Nawawi menyoroti makna mendalam dari 3 panggilan Tuhan. Pertama, adanya panggilan Shalat yang disimbolkan oleh kumandang adzan setiap kali waktu shalat tiba, mengajak umat untuk menghadirkan diri dalam ibadah dengan penuh kesadaran. Kedua, panggilan Haji ke Baitullah sebagai bentuk pengabdian dan perjalanan spiritual bagi mereka yang mampu. Yang ketiga, panggilan kematian diingatkan sebagai keniscayaan bagi setiap makhluk hidup, dan KH Subhan Nawawi merinci bahwa misteri seputar waktu kematian menjadi sebuah realitas yang perlu disikapi dengan kesiapan dan introspeksi.

     Beliau menekankan kepada jamaah untuk menyambut ketiga panggilan Allah ini dengan sukacita, sebagai bentuk kepatuhan dan cinta kepada-Nya. Persiapan serius, baik dalam melaksanakan ibadah, menjalani perjalanan Haji, maupun mempersiapkan diri menghadapi kematian, menjadi pondasi utama dalam memandang setiap panggilan Tuhan sebagai petunjuk hidup yang bernilai dan bermakna.

     Semoga semua yang hadir di acara semalam dan khususnya almarhum Muh. Jamhari mendapatkan keberkahan yang melimpah dari acara tahlilan tersebut. Doa dan kesatuan dalam kebersamaan tentunya diharapkan membawa hikmah dan ketenangan bagi semuanya, terkhusus untuk almarhum. []

Komentar atas 1000 Hari Mengenang Almarhum Bapak Muh. Jamhari (Ayahanda Lurah Bangunharjo)

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Info Terkini




FESTIVAL TAKBIR KELILING 1445 H KALURAHAN BAGUNHARJO

Hotline

WACenter Bangunharjo

Instagram Resmi Bangunharjo


Info Kalurahan

AGENDA KALURAHAN 2024

Gratis!HALAL,PIRT & NIB

Alur Layanan Mandiri

Syarat Persuratan

APBKal Tahun 2023

APBKal Tahun Sebelumnya

Instansi Terkait

null

Pemerintah Kabupaten Bantul

Jl. Robert Wolter Monginsidi No.1 Bantul

Web: KLIK DISINI | Fb: KLIK DISINI



null

Pemerintah Kapanewon Sewon

Jl. Parangtritis Km 6, Sewon, Bantul

(0274) 379168 | Web: KLIK DISINI



null

Puskesmas Sewon II

Jl. Parangtritis Km 6, Sewon, Bantul

(0274) 445248 | Fb: KLIK DISINI

Web: KLIK DISINI



null

KUA Sewon

Jl. Parangtritis Km 5.6, Sewon, Bantul

(0274) 384018 | Web: KLIK DISINI



null

POLSEK Sewon

Jl. Parangtritis Km 5.6, Sewon, Bantul

(0274) 376559 | Web: KLIK DISINI



null

KORAMIL 04/Sewon

Jl. Parangtritis Km 5, Sewon, Bantul

(0274) | Web: KLIK DISINI

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License