Daur Ulang Sampah Menjadi Rupiah

Sarif Jabroni, Anto & Yahya 16 Desember 2023 19:13:35 WIB

Oleh : Sarif Jabroni Dan Anto

     (Bangunharjo, 16/12) - Dalam rangka memperingati Hari Ibu yang ke-95, Tim Penggerak PKK Kalurahan Bangunharjo menggelar acara keren yang melibatkan masyarakat dari 17 padukuhan . Kegiatan tersebut berlangsung di Balai Kalurahan Bangunharjo pada hari Sabtu, 16 Desember 2023, dan menjadi sorotan dengan lomba kreasi pengolahan daur ulang sampah menjadi mata uang serta lomba fashion show yang dilaksanakan dengan keanggunan busana kebaya sebagai pilihan busana resmi bagi semua peserta dan panitia.

     Lomba kreativitas daur ulang sampah menjadi rupiah atau sumber penghasilan menampilkan inovasi luar biasa dari masing-masing padukuhan. Dua perwakilan setiap padukuhan mengikuti lomba ini, memamerkan beragam karya mulai dari tempat pensil berbahan botol bekas hingga lukisan hidup yang menggunakan kardus dan tutup botol sebagai media. Kreasi-kreasi mengagumkan seperti dompet dari kresek turut memeriahkan acara tersebut.

     Puncak acara terjadi saat pengumuman pemenang lomba kreasi daur ulang sampah plastik. Tim-tim dari padukuhan Salakan, Saman, Jotawang, Bakung, dan Jurug menyabet gelar juara berturut-turut. Keberhasilan mereka dalam mengubah sampah plastik menjadi karya yang bernilai ekonomis tidak hanya menginspirasi, tetapi juga memberikan kontribusi positif terhadap upaya pengelolaan sampah khususnya di wilayah Bangunharjo.

     Ketua Tim Penggerak PKK Kalurahan Bangunharjo, Partimah S. Ag, M.SI, menyampaikan harapannya melalui acara ini. Beliau menjelaskan bahwa kegiatan tersebut diharapkan dapat membantu mengurangi permasalahan sampah dan sekaligus memberdayakan perempuan sesuai dengan tema besar acara, yaitu "Kita Wujudkan Perempuan Bersuara, Peremberdaya, dan Berkarya Menuju Bantul Bersama (Bersih Sampah 2025)." Dengan demikian, acara ini tidak hanya menjadi momen peringatan Hari Ibu, tetapi juga menjadi langkah nyata menuju masyarakat yang lebih sadar lingkungan dan berdaya. []

Komentar atas Daur Ulang Sampah Menjadi Rupiah

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Info Terkini




FESTIVAL TAKBIR KELILING 1445 H KALURAHAN BAGUNHARJO

Hotline

WACenter Bangunharjo

Instagram Resmi Bangunharjo


Info Kalurahan

AGENDA KALURAHAN 2024

Gratis!HALAL,PIRT & NIB

Alur Layanan Mandiri

Syarat Persuratan

APBKal Tahun 2023

APBKal Tahun Sebelumnya

Instansi Terkait

null

Pemerintah Kabupaten Bantul

Jl. Robert Wolter Monginsidi No.1 Bantul

Web: KLIK DISINI | Fb: KLIK DISINI



null

Pemerintah Kapanewon Sewon

Jl. Parangtritis Km 6, Sewon, Bantul

(0274) 379168 | Web: KLIK DISINI



null

Puskesmas Sewon II

Jl. Parangtritis Km 6, Sewon, Bantul

(0274) 445248 | Fb: KLIK DISINI

Web: KLIK DISINI



null

KUA Sewon

Jl. Parangtritis Km 5.6, Sewon, Bantul

(0274) 384018 | Web: KLIK DISINI



null

POLSEK Sewon

Jl. Parangtritis Km 5.6, Sewon, Bantul

(0274) 376559 | Web: KLIK DISINI



null

KORAMIL 04/Sewon

Jl. Parangtritis Km 5, Sewon, Bantul

(0274) | Web: KLIK DISINI

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License