BimTek Penggunaan Bahasa Informasi yang Baik dan Benar

Sarif Jabroni, Anto & Yahya 21 November 2023 22:54:33 WIB

Oleh:Sarif Jabroni dan Anto

     (Bangunharjo, 21/11) - Dalam era kemajuan teknologi informasi seperti sekarang, peran admin website kalurahan menjadi semakin penting dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. Oleh karena itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemeninfo) Bantul Ibu Sri Mulyani, SE, mengadakan Bimbingan Teknis (BimTek) tentang penggunaan bahasa informasi yang baik dan benar bagi para admin website kalurahan.

     Acara ini dihadiri oleh puluhan admin website dari Kalurahan Se-Bantul, dengan fokus khusus pada Kalurahan Bangunharjo dan 24 kalurahan lainnya di kawasan Bantul Barat. BimTek ini dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut, dimulai dari hari pertama di "Sekar Mataram" Gedongan Bangunjiwo, Kasihan - Bantul. Sementara untuk kalurahan lainnya, acara akan diagendakan pada hari-hari berikutnya dan di tempat yang berbeda.

     Pembukaan acara BimTek ini disambut hangat oleh Ibu Sri Mulyani, SE, yang menjelaskan pentingnya penggunaan bahasa informasi yang baik dan benar dalam menyampaikan pesan kepada masyarakat. "Sebagai admin website kalurahan, kita memiliki tanggung jawab besar untuk menyediakan informasi yang jelas, akurat, dan mudah dipahami oleh masyarakat," ujar Ibu Sri Mulyani.

     Salah satu penceramah yang turut memberikan insight berharga dalam acara ini adalah Ibu Nuryantini, S.Pd., perwakilan dari Balai Besar Bahasa Yogyakarta. Beliau memberikan pemahaman mendalam tentang penggunaan bahasa Indonesia yang benar dan tepat. "Pemilihan kata yang tepat akan membantu menyampaikan pesan dengan lebih efektif dan menghindari salah tafsir," tambah Ibu Nuryantini.

     Dalam sesi BimTek, Ibu Nuryantini juga membagikan informasi bermanfaat terkait dua link website yang dapat digunakan sebagai referensi oleh para admin website kalurahan:

  1. Aplikasi Pasti (Padanan Istilah) Aplikasi ini dikembangkan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa sebagai media untuk menyebarluaskan padanan bahasa Indonesia untuk istilah asing yang telah dipadankan. Admin website dapat mengaksesnya melalui https://pasti.kemdikbud.go.id/home.php.

  2. KBBI VI Daring Merupakan laman resmi pencarian kata dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Ibu Nuryantini menekankan pentingnya menggunakan kata-kata standar dan resmi dalam setiap informasi yang disampaikan. Admin website dapat mengunjungi https://kbbi.kemdikbud.go.id/ untuk memastikan keakuratan kata-kata yang digunakan.

     Acara BimTek ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada para admin website kalurahan dalam menyusun informasi yang berkualitas dan memastikan bahwa pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat. Dengan perhatian lebih terhadap penggunaan bahasa informasi yang baik dan benar, diharapkan akan tercipta komunikasi yang efektif antara pemerintah kalurahan dan masyarakat.[]

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Info Terkini




PROFILE KALURAHAN BANGUNHARJO

Hotline

WACenter Bangunharjo

Instagram Resmi Bangunharjo


Info Kalurahan

AGENDA KALURAHAN 2024

Gratis!HALAL,PIRT & NIB

Alur Layanan Mandiri

Syarat Persuratan

APBKal Tahun 2023

APBKal Tahun Sebelumnya

Instansi Terkait

null

Pemerintah Kabupaten Bantul

Jl. Robert Wolter Monginsidi No.1 Bantul

Web: KLIK DISINI | Fb: KLIK DISINI



null

Pemerintah Kapanewon Sewon

Jl. Parangtritis Km 6, Sewon, Bantul

(0274) 379168 | Web: KLIK DISINI



null

Puskesmas Sewon II

Jl. Parangtritis Km 6, Sewon, Bantul

(0274) 445248 | Fb: KLIK DISINI

Web: KLIK DISINI



null

KUA Sewon

Jl. Parangtritis Km 5.6, Sewon, Bantul

(0274) 384018 | Web: KLIK DISINI



null

POLSEK Sewon

Jl. Parangtritis Km 5.6, Sewon, Bantul

(0274) 376559 | Web: KLIK DISINI



null

KORAMIL 04/Sewon

Jl. Parangtritis Km 5, Sewon, Bantul

(0274) | Web: KLIK DISINI

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License