GELAR BUDAYA DALAM RANGKA ULTAH KAL BANGUNHARJO KE-77 TH

Sarif Jabroni, Anto & Yahya 29 Oktober 2023 13:06:30 WIB

Oleh : Sarif Jabroni Dan Anto

     ( Bangunharjo, 29/10 )Kegiatan gelar budaya Kalurahan Bangunharjo dalam rangka peringatan ulang tahun ke-77 Kalurahan Bangunharjo pada hari Sabtu, 28 Oktober dimulai pukul 20.00 WIB di balai Kalurahan. Acara ini dipimpin oleh Nova Kristianto (Kaur Pangripta) dan Saudari Nur Wahyuningsih (Kaur Tata Laksana) sebagai MC, dengan dihadiri oleh sejumlah tamu undangan, termasuk KPH. Purbodiningrat, SE., MBA, Panewu Sewon (Hartini), Danramil Sewon beserta Bhabinsa, Kapolelsek Sewon beserta Bhabinkamtibmas, KUA Sewon, Kepala Puskesmas Sewon 2 beserta staf, Lurah Bangunharjo dan pamong, Bamuskal, Tim Penggerak PKK, LPMKal, Karangtaruna, Ketua dan anggota Dewan Budaya seperti KRT Wiyono Pamungkas, Bejo Hadi Raharjo, dan lainnya.

     Acara gelar budaya ini menampilkan atraksi dari masyarakat Bangunharjo, baik secara solo maupun kelompok. Selain itu, ada penampilan istimewa berupa Panembromo dari Lurah, pamong, staf, istri pamong, dan Bamuskal. Berbagai jenis kesenian ditampilkan, termasuk Karawitan, tari Mozaik Ilir Ilir Jogja, tari Anggrek Manis, tari Badindin, tari Nawung Sekar, tari Zapin Kipas, Saman, tari Indonesia Wonderland, tari Kenes Gendhes, tari Genjring Party, tari Bali Legong Keraton, tari tradisional, dan tari kreasi poco poco.

Berikut adalah nama-nama penari yang tampil dalam acara gelar budaya Kalurahan Bangunharjo:

1. Binar Chanda Kuinnara (Tari Mozaik Ilir Ilir Jogja)
2. Nadhifa Almaira Devandra Siagian (Tari Anggrek Manis)
3. Fathan Khoiru Mubin dan Afifa Nahda Rafanda Ramadhani (Tari Badindin)
4. Grup Tanjung (Tari Nawung Sekar)
5. Geicia Putri Selendang Mayang (Tari Zapin Kipas)
6. Grup Tarudan (Tari Indonesia Wonderland)
7. Ni Putu Dhisa Paramitha Hoshi (Tari Kenes Gendhes)
8. Ayla Sasmita Widiarto (Tari Genjring Party)
9. Ayunda Sekar Arum (Tari Bali Legong Keraton)
10. Sulistyiani dan Lastriastuti (Tari Tradisional)
11. Grup Widoro (Tari Kreasi Poco Poco)

     Penonton sangat antusias menikmati penampilan para seniman di atas panggung hingga banyak dari mereka tidak beranjak dari tempat duduknya sampai menjelang tengah malam. Tamu kehormatan di acara Gelar budaya ini KPH. Purbodiningrat mengungkapkan kekagumannya terhadap Kalurahan Bangunharjo yang sukses menyelenggarakan acara budaya seperti ini secara berkala, dan beliau menyatakan bahwa Bangunharjo pantas diakui sebagai kalurahan berbudaya.

     Dalam sambutannya lurah Bangunharjo Nurhidayat, S.Ag, M.S.I menyatakan rasa syukur serta doa dan harapannya untuk Kalurahan; "Dengan adanya acara peringatan ulang tahun Kalurahan Bangunharjo ke-77 ini, kita berkumpul di sini dengan doa dan harapan yang tulus untuk Bangunharjo Gumeregah dan mensyukuri budaya kesenian serta kebudayaan kita yang kaya. Malam ini mari kita berdoa agar Kalurahan Bangunharjo terus menjadi tempat yang penuh dengan kebersamaan, harmoni, dan kedamaian. Semoga masyarakat kami selalu kuat dan bersatu dalam menghadapi tantangan masa depan. BANGUNHARJO gumeregah. Kami berharap agar tradisi dan budaya kami tetap terjaga dan terus berkembang. Semoga generasi muda kami dapat mewarisi nilai-nilai luhur yang telah kami junjung tinggi selama ini.
Kami juga berterima kasih kepada semua yang telah mendukung acara ini, serta kepada para penari, seniman, dan semua yang telah berpartisipasi dalam menyelenggarakan gelar budaya ini. Semoga semangat ini terus membara dan kami dapat terus berkontribusi positif bagi Kalurahan Bangunharjo dan masyarakat sekitarnya. Mari kita lanjutkan untuk berkarya, berbudaya, dan bersatu demi masa depan yang lebih cerah. Terima kasih kepada semua yang telah hadir, dan semoga doa dan harapan ini menjadi kenyataan"

     Peringatan ulang tahun Kalurahan Bangunharjo ke-77 dengan Gelar Budaya ini tidak hanya merupakan kesempatan untuk merayakan budaya dan seni, tetapi juga untuk memberikan penghargaan dan apresiasi kepada para seniman yang telah berkontribusi secara signifikan. Pemerintah Kalurahan Bangunharjo memberikan penghargaan kepada para seniman sebagai bentuk pengakuan atas dedikasi dan karya seni mereka. berupa plakat penghargaan, sertifikat, bingkisan, atau penghargaan khusus lainnya yang mencerminkan rasa terima kasih dari Kalurahan kepada para seniman yang telah memeriahkan acara tersebut.

     Pemberian apresiasi semacam ini tidak hanya memberikan penghormatan kepada seniman, tetapi juga dapat menjadi insipirasi bagi mereka untuk terus berkarya dan melestarikan budaya dan seni Kalurahan Bangunharjo. Selain itu, ini juga memotivasi generasi muda untuk mengikuti jejak para seniman dalam melestarikan dan mengembangkan budaya dan seni Kalurahan Bangunharjo. []

Komentar atas GELAR BUDAYA DALAM RANGKA ULTAH KAL BANGUNHARJO KE-77 TH

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Info Terkini




FESTIVAL TAKBIR KELILING 1445 H KALURAHAN BAGUNHARJO

Hotline

WACenter Bangunharjo

Instagram Resmi Bangunharjo


Info Kalurahan

AGENDA KALURAHAN 2024

Gratis!HALAL,PIRT & NIB

Alur Layanan Mandiri

Syarat Persuratan

APBKal Tahun 2023

APBKal Tahun Sebelumnya

Instansi Terkait

null

Pemerintah Kabupaten Bantul

Jl. Robert Wolter Monginsidi No.1 Bantul

Web: KLIK DISINI | Fb: KLIK DISINI



null

Pemerintah Kapanewon Sewon

Jl. Parangtritis Km 6, Sewon, Bantul

(0274) 379168 | Web: KLIK DISINI



null

Puskesmas Sewon II

Jl. Parangtritis Km 6, Sewon, Bantul

(0274) 445248 | Fb: KLIK DISINI

Web: KLIK DISINI



null

KUA Sewon

Jl. Parangtritis Km 5.6, Sewon, Bantul

(0274) 384018 | Web: KLIK DISINI



null

POLSEK Sewon

Jl. Parangtritis Km 5.6, Sewon, Bantul

(0274) 376559 | Web: KLIK DISINI



null

KORAMIL 04/Sewon

Jl. Parangtritis Km 5, Sewon, Bantul

(0274) | Web: KLIK DISINI

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License