PENGUKUHAN JAGAWARGA DAN POKDARWIS

Sarif Jabroni, Anto & Yahya 26 Oktober 2023 12:35:20 WIB

Oleh : Sarif Jabroni Dan Anto 

     ( Bangunharjo,26/10 ) - Pada Rabu, 25 Oktober 2023, di Pendopo Kalurahan Bangunharjo, dilaksanakan Pertemuan Jagawarga sekaligus Pengukuhan Jagawarga periode 2023-2026. Acara ini dipimpin oleh Kaur Pangripta (Nova Kristianto) dan Kaur Jogoboyo ( Dihan Rudianto). Sebanyak 180 jagawarga hadir dalam acara tersebut, mewakili 17 padukuhan di Kalurahan Bangunharjo. Selain itu, untuk narasumber panitia menghadirkan Kapolelsek dan Danramil Sewon, serta kasi bina potensi masyarakat satuan polisi pamong praja Kabupaten Bantul didampingi lurah Bangunharjo Nurhidayat, S Ag, M.SI, Beserta seluruh jajarannya dari pamong dan staf Kalurahan dan turut hadir pula BAMUSKal.

     Pertemuan Jagawarga ini menjadi momen penting dalam memperkuat solidaritas dan kerja sama di antara warga Kalurahan Bangunharjo. Dalam pertemuan ini, narasumber membahas berbagai isu dan tantangan yang dihadapi oleh masyarakat, khususnyamasyarakat Bangunharjo. Meliputi program-program pembangunan, keamanan, dan kesejahteraan masyarakat.

     Puncak acara adalah pengukuhan Jagawarga oleh pak Lurah, yang akan memegang peran penting dalam membantu pemerintah Kalurahan dalam menjalankan program-program pelayanan kepada masyarakat. Dengan hadirnya Kapolelsek, Danramil Sewon, dan kepala satuan polisi pamong praja, acara ini juga menjadi kesempatan untuk memperkuat koordinasi antara pemerintah setempat dan aparat keamanan.

     Acara ini mencerminkan semangat gotong-royong dan partisipasi aktif warga Kalurahan Bangunharjo dalam membangun komunitas yang lebih baik selama periode 2023-2026.

     Kasi bina potensi masyarakat satuan polisi pamong praja kabupaten Bantul bapak Rujito menerangkan Dasar dari dibentuknya Jagawarga adalah undang undang keistimewaan, no 6 tahun 2019 dan disempurnakan dengan peraturan no 28 tahun 2021, Jagawarga berbasis di padukuan untuk membantu menyelesaikan konflik sosial di masyarakat lingkup padukuhan

     Jagawarga adalah upaya menjaga keamanan, ketentraman, ketertiban dan kesejahteraan. karena keamanan adalah kebutuhan kita semua,. Hal lainnya bisa menumbuhkan nilai nilai luhur yang ada di masyarakat supaya tetap lestari dengan adanya Jagawarga, Dengan dasar hukum seperti itu Jagawarga memiliki peran yang penting dalam menjaga keamanan, ketentraman, ketertiban, dan kesejahteraan masyarakat di lingkup padukuhan. Selain itu, upaya Jagawarga juga dapat berkontribusi dalam memelihara nilai-nilai luhur dalam masyarakat, sehingga tetap lestari dan berkelanjutan. Ini adalah tujuan yang sangat baik untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

     Dalam acara tersebut, Pak Lurah juga mengukuhkan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Bangunharjo. Langkah ini menunjukkan komitmen Kalurahan Bangunharjo dalam mengembangkan potensi pariwisata di wilayah tersebut. Pokdarwis memiliki peran penting dalam mengelola destinasi wisata, memberikan layanan kepada wisatawan, dan mempromosikan kekayaan budaya serta alam Kalurahan Bangunharjo.

     Dengan mengukuhkan Pokdarwis, Kalurahan Bangunharjo menunjukkan keseriusan dalam pengembangan sektor pariwisata sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan perekonomian lokal dan memperkenalkan daya tarik wisata yang dimiliki oleh Kalurahan. Pokdarwis diharapkan dapat bekerja sama dengan pemerintah setempat, instansi terkait, dan masyarakat dalam mengelola destinasi wisata seperti belik sumilir di Padukuhan Widoro dan kedepannyaakan dikembangkan wisatadi Ngoto bagian utara.

     Selain itu, langkah ini juga memberikan peluang bagi warga Kalurahan Bangunharjo untuk terlibat lebih aktif dalam sektor pariwisata, baik sebagai pengelola, pemandu, atau pelaku usaha terkait. Dengan demikian, potensi pariwisata di Kalurahan Bangunharjo dapat berkembang lebih baik dalam periode 2023-2026 dan memberikan manfaat yang lebih luas kepada masyarakat setempat. []

Komentar atas PENGUKUHAN JAGAWARGA DAN POKDARWIS

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Info Terkini




IFO LIBUR DAN CUTI BERSAMA IDUL ADHA 1445 H

Hotline

WACenter Bangunharjo

Instagram Resmi Bangunharjo


Info Kalurahan

AGENDA KALURAHAN 2024

Gratis!HALAL,PIRT & NIB

Alur Layanan Mandiri

Syarat Persuratan

APBKal Tahun 2023

APBKal Tahun Sebelumnya

Instansi Terkait

null

Pemerintah Kabupaten Bantul

Jl. Robert Wolter Monginsidi No.1 Bantul

Web: KLIK DISINI | Fb: KLIK DISINI



null

Pemerintah Kapanewon Sewon

Jl. Parangtritis Km 6, Sewon, Bantul

(0274) 379168 | Web: KLIK DISINI



null

Puskesmas Sewon II

Jl. Parangtritis Km 6, Sewon, Bantul

(0274) 445248 | Fb: KLIK DISINI

Web: KLIK DISINI



null

KUA Sewon

Jl. Parangtritis Km 5.6, Sewon, Bantul

(0274) 384018 | Web: KLIK DISINI



null

POLSEK Sewon

Jl. Parangtritis Km 5.6, Sewon, Bantul

(0274) 376559 | Web: KLIK DISINI



null

KORAMIL 04/Sewon

Jl. Parangtritis Km 5, Sewon, Bantul

(0274) | Web: KLIK DISINI

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License