BAMUSKAL KALURAHAN BANGUNHARJO MENJARING ASPIRASI MASYARAKAT

Sarif Jabroni, Anto & Yahya 23 September 2023 05:20:19 WIB

Oleh : Sarif Jabroni Dan Anto 

     (Bangunharjo, 23/09) - Bamuskal Kalurahan Bangunharjo telah melaksanakan kegiatan Jaring Aspirasi Masyarakat yang berlangsung sebanyak 4 kali dalam waktu 5 hari, dimulai sejak tanggal 18 September hingga 22 September 2023, semuanya bertempat di Pendopo Kalurahan Bangunharjo.

     Pada tanggal 18 September 2023, dilaksanakan penjaringan aspirasi untuk distrik 1 yang mencakup padukuhan Jotawang, Randubelang, Salakan, dan Saman. Kemudian, tanggal 19 September 2023, giliran distrik 2 dengan padukuhan Wojo, Tanjung, Druwo, dan Tarudan. Tanggal 20 September, fokus penjaringan aspirasi menghadirkan masyarakat dari Distrik 3 yang melibatkan padukuhan Ngoto, Pandeyan, Bakung, dan Semail. Terakhir, pada hari Jumat tanggal 22 September 2023 dimulai pukul 20.00 wib, Badan Permusyawaratan Kalurahan Bangunharjo melanjutkan kegiatan Jaring Aspirasi Masyarakat di Pendopo Kalurahan Bangunharjo untuk distrik 4 yang mencakup wilayah padukuhan Jurug, Demangan, Mredo, Gatak, dan Widoro.

     Acara tersebut dihadiri oleh seluruh anggota Bamuskal, termasuk Ketua Misdi Widoyo ST (Gatak) dari dapil 4, Wakil Ketua Suegijanto (Wojo) dari dapil 2, Suhartini (Gatak) sebagai perwakilan perempuan, Imam Alip (Jotawang) dari dapil 1, dan Ridwan Spd (Ranubelang) dari dapil 1. Turut hadir pula Juwari (Semail) dan Parjono (Ngoto) dari dapil 3, serta Slamet (Demangan) dari dapil 4.

     Dalam acara ini, terdapat 90 undangan yang mewakili berbagai elemen masyarakat, termasuk para tokoh masyarakat, pengurus Pokgiat, ketua-ketua RT, tokoh perempuan dari PKK, dan tokoh pemuda dari Karang Taruna.

     Rapat dibuka oleh MC Ridwan Spd, salah satu anggota Bamuskal dari dapil 1, yang memulai acara dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Pimpinan rapat adalah Ketua Bamuskal, Misdi Widoyo ST. Ada yang menarik dalam acara ini, yaitu semua anggota Bamuskal tampil seragam dengan busana tradisional Jawa.

     Misdi Widoyo menyatakan, "Malam ini kami, anggota Bamuskal Bangunharjo, tampil dalam busana tradisional Jawa dan mengkonsep acara penjaringan aspirasi ini dengan bahasa Jawa sebagai wujud kecintaan kami terhadap kebudayaan kita sebagai bagian dari masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta."

     Lebih lanjut, Misdi Widoyo menjelaskan, "Jaring Aspirasi Masyarakat Tahun 2023 Bamuskal Bangunharjo ini merupakan periode terakhir dalam jabatan Bamuskal Bangunharjo periode 2018-2024. Kegiatan penjaringan aspirasi masyarakat ini bertujuan mendengarkan masukan dari masyarakat dalam menentukan Anggaran Pendapatan dan Belanja Kalurahan (APBKal) tahun 2024. Oleh karena itu, penting untuk diketahui bahwa tugas Bamuskal bukanlah untuk melaksanakan aspirasi masyarakat, melainkan untuk merangkum dan merumuskan aspirasi tersebut sebelum menyalurkannya kepada Pak Lurah," ujar Misdi Widoyo.

Adapun kesimpulan hasil jaring aspirasi masyarakat dari distrik 4 ialah :

1. Pengelolaan Deposit di Bank Pasar Bantul sebesar 8 M menjadi perhatian utama.

2. Inventarisasi tanah kas di dalam dan luar wilayah Bangunharjo perlu diselesaikan dengan cermat.

3. Penertiban kios atau lapak yang dibangun di atas saluran air menjadi fokus tindakan.

4. Diperlukan sanksi yang tegas untuk pelanggaran dalam sewa tanah kas desa yang tidak sesuai peruntukannya.

5. Keterbukaan dan transparansi dalam realisasi pembangunan setiap tahun diutamakan.

6.Perlu percepatan penanganan masalah sampah di Kalurahan.

7.Pentingnya penyediaan Peraturan Kalurahan yang dapat diakses dan disosialisasikan kepada seluruh warga.

8.Pengusulan insentif bagi guru PAUD dan kader berdasarkan prestasi menjadi hal yang harus dipertimbangkan

     Semoga hasil rapat ini diterima dengan baik oleh pihak terkait dan dapat memberikan manfaat yang besar bagi seluruh warga Bangunharjo. Kesatuan dalam menjalankan rekomendasi dari jaring aspirasi akan membawa kebaikan secara luas untuk masyarakat.[]

Komentar atas BAMUSKAL KALURAHAN BANGUNHARJO MENJARING ASPIRASI MASYARAKAT

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Info Terkini



HALAL BIHALAL PAMONG DAN STAF BERSAMA LURAH KALURAHAN BAGUNHARJO

Hotline

WACenter Bangunharjo

Instagram Resmi Bangunharjo


Info Kalurahan

AGENDA KALURAHAN 2024

Gratis!HALAL,PIRT & NIB

Alur Layanan Mandiri

Syarat Persuratan

APBKal Tahun 2023

APBKal Tahun Sebelumnya

Instansi Terkait

null

Pemerintah Kabupaten Bantul

Jl. Robert Wolter Monginsidi No.1 Bantul

Web: KLIK DISINI | Fb: KLIK DISINI



null

Pemerintah Kapanewon Sewon

Jl. Parangtritis Km 6, Sewon, Bantul

(0274) 379168 | Web: KLIK DISINI



null

Puskesmas Sewon II

Jl. Parangtritis Km 6, Sewon, Bantul

(0274) 445248 | Fb: KLIK DISINI

Web: KLIK DISINI



null

KUA Sewon

Jl. Parangtritis Km 5.6, Sewon, Bantul

(0274) 384018 | Web: KLIK DISINI



null

POLSEK Sewon

Jl. Parangtritis Km 5.6, Sewon, Bantul

(0274) 376559 | Web: KLIK DISINI



null

KORAMIL 04/Sewon

Jl. Parangtritis Km 5, Sewon, Bantul

(0274) | Web: KLIK DISINI

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License