PUNCAK KEBERSAMAAN: MAHASISWA KKN UNY SAMBUT PERPISAHAN DI AULA PONDOK PESANTREN DARUL

Sarif Jabroni, Anto & Yahya 21 September 2023 10:09:28 WIB

Oleh : Sarif Jabroni

    Bangunharjo (21/09) - Malam puncak telah tiba bagi anggota Kelompok Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa (KKNM) UNY 2023 yang telah menjalani misi pengabdian masyarakat selama lebih dari 2 bulan di Padukuhan Gatak. Kegiatan perpisahan yang mengharukan ini berlangsung di aula Pondok Pesantren Darul Falah, Mredo Kulon RT 05, Padukuhan Gatak, dan menjadi bukti kebersamaan yang mendalam antara mahasiswa KKN dan masyarakat setempat.

     Dalam suasana yang khidmat, para mahasiswa KKN yang dipandu oleh Dosen Pembimbing mereka, Ezra Putranda Setiawan, S.Si., M.Sc, pengampu mata kuliah Statistik Spasial dan beberapa mata kuliah lainnya di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY, turut membersamai momen spesial ini bersama Dukuh Gatak Hari Wantoro, tujuh ketua RT, Karang Taruna padukuhan Gatak, PKK, Kelompok Wanita Tani Padukuhan Gatak, serta pengurus Pondok Pesantren Darul Falah.

     Nama-nama anggota KKNM-14089 UNY 2023 yang telah berdedikasi di Padukuhan Gatak sejak tanggal 13 Juli 2023 adalah sebagai berikut:

Baihaqi Zidan Alauddien (Prodi Statistika)
Nenny Do’aisyah (Prodi Kimia)
Fathur Rahman Syahputra (Prodi Statistika)
Nadjma Maulidya Advani (Prodi Statistika)
Adiebtia Arif Winanto (Prodi Statistika)
Ayu Dewi Lestari (Prodi Kimia)
Kartika Tri Nastiti (Prodi Statistika)
Rahma Almira (Prodi Statistika)
Athayya Putri Khalishah (Prodi Statistika)
Iqbalul Krido Amalluddin (Prodi Kimia) selaku ketua rombongan KKN.

     Rangkaian acara perpisahan ini dipenuhi dengan berbagai momen emosional. Ketua KKN, Iqbalul Krido Amalludin, menyampaikan sambutan yang penuh semangat, diikuti oleh presentasi laporan kegiatan KKN selama lebih dari dua bulan terhitung sejak tanggal 13 Juli 2023 oleh Athayya Putri Khalishah. Pemutaran video perjalanan KKN dari awal hingga akhir yang membuahkan rasa haru. Dukuh Gatak dan Ketua RT 07, Bapak Agus Parwanto turut memberikan tanggapan dan kesan yang juga mengharukan, sementara Dosen Pembimbing mewakili pihak kampus UNY menyampaikan ungkapan pamit yang tulus kepada masyarakat Gatak.

     Puncak kebersamaan ini mengukuhkan ikatan yang erat antara mahasiswa KKNM-14089 UNY dan masyarakat Padukuhan Gatak. Semangat pengabdian dan kerja sama dalam meraih perubahan positif di tengah-tengah masyarakat menjadi pesan yang tak terlupakan dari kegiatan perpisahan ini. Kita berharap bahwa hubungan ini akan terus berkembang, sementara para mahasiswa KKN membawa pengalaman berharga ini dalam langkah kehidupan mereka selanjutnya.

     Dalam presentasi yang dipaparkan mba Athayya, tim KKN UNY 2023 di Padukuhan Gatak berhasil mewujudkan 18 program kegiatan yang mengesankan selama masa pengabdian mereka. Beberapa di antaranya adalah:

*Pembuatan Website Padukuhan Gatak yang menyajikan data lengkap tentang padukuhan tersebut.
*Digitalisasi pojok data Padukuhan Gatak untuk meningkatkan efisiensi informasi.
*Pengoptimalan pengelolaan sampah organik bersama Kelompok Wanita Tani, termasuk pembuatan kompos dan pembibitan.
*Sistematisasi pengelolaan sampah anorganik untuk lingkungan yang lebih bersih.
*Inisiatif "Gatak Belajar" sebagai kampung ramah anak.
*Pembuatan akun Instagram resmi Padukuhan Gatak untuk memperluas jangkauan informasi.
*Pendataan umum untuk membantu perencanaan dan pengembangan padukuhan.
*Pendampingan bagi murid KB Puspitasari dan TPA Klegen untuk peningkatan pendidikan anak-anak usia dini.
*Perayaan Hari Olahraga Nasional dengan senam massal dan jalan sehat.
*Program "Chemistry is Fun" untuk memperkenalkan ilmu kimia secara menarik.
*Pembuatan infografis tentang ketenagakerjaan.
*Pembuatan infografis tentang kesehatan dan penanggulangan stunting.
*Pembuatan infografis tentang kesehatan terkait hipertensi.
*Pembuatan infografis tentang data kependudukan.
*Pelatihan dasar Excel bagi anggota Karang Taruna.
*Pelatihan penggunaan perangkat lunak SPSS bagi anggota Karang Taruna.
*Pengoptimalan peta Google Maps untuk mendukung pemasaran UMKM lokal.
*Program "Bina Karakter" untuk pembentukan kepribadian yang kuat dan beretika.

     Itulah bukti nyata komitmen mereka dalam menghasilkan dampak positif bagi Padukuhan Gatak dan masyarakatnya selama KKN.

     Sambutan yang penuh apresiasi dari Dukuh Gatak, Hari Wantoro, terhadap dedikasi dan hasil kerja mahasiswa KKN UNY, terutama presentasi dari Mba Athayya serta menanggapi sambutan dari Mas Iqbalul Krido Amalluddin, menunjukkan rasa syukur dan kekaguman beliau terhadap tim KKN. Beliau dengan tulus menyampaikan:

     "Saya terharu dan sangat bersyukur atas kehadiran KKN dari UNY ini. Ini adalah KKN terbaik yang pernah saya ketahui. Program-program yang telah terealisasi sangat baik, efektif, dan bermanfaat bagi Padukuhan Gatak. Saya merasanya bahwa kehadiran mahasiswa KKN kali ini mungkin terlalu singkat, padahal sejatinya KKN kali ini adalah durasi terlama yang pernah ada di Padukuhan Gatak.
Semoga KKNM UNY kali ini bisa menjadi standar bagi model KKN selanjutnya, di mana pun mereka berasal dari kampus lain. Dedikasi dan semangat yang telah ditunjukkan oleh mahasiswa KKN UNY adalah contoh yang luar biasa bagi pengabdian masyarakat yang berarti bagi kita semua. Terima kasih atas segala upaya yang telah diberikan." Ujar Pak Dukuh.

Sementara Agus Parwanto, selaku Ketua RT 07, mewakili masyarakat dengan hangat mengungkapkan kesan dan pesannya kepada mahasiswa KKN dari UNY dengan penuh rasa terharu:

     "Kami sangat terkesan dengan keramahan, kesopanan, dan ketulusan dari adek-adek KKN dari UNY ini. Semoga putra-putri kami di Padukuhan Gatak yang masih bersekolah dapat meneladani sikap dan semangat positif dari adek-adek KKN ini. Kami berharap agar mereka dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, seperti UNY., Semoga adek-adek yang telah menyelesaikan program KKN ini tetap sehat selalu dan berhasil lulus kuliah dengan nilai terbaik. Terima kasih atas kontribusi berharga yang telah diberikan kepada komunitas kami. Semoga kebaikan ini selalu menginspirasi kita semua."

Sedangkan Ezra Putranda Setiawan, S.Si., M.Sc, selaku Dosen Pembimbing, Dalam tanggapannya menyiratkan makna mendalam dari program KKN:

     "Selain untuk memenuhi persyaratan pendidikan di kampus, tujuan KKN dari KKN adalah agar mahasiswa tidak hanya mengerti teori tentang statistika, tetapi juga bisa belajar di masyarakat melalui praktek langsung. Semoga kehadiran adek-adek KKN di Padukuhan Gatak selama ini telah memberikan dampak positif yang berarti bagi masyarakat Padukuhan Gatak. Kami pamit dan mohon maaf jika ada hal yang kurang berkenan. Terima kasih atas semangat dan dedikasi yang telah diberikan." Ujar Ezra Putranda Setiawan,S.Si.,M.Sc.

     Terima kasih untuk tim KKNM-14089 UNY di Padukuhan Gatak. Semoga kedepannya silaturahmi terus berjalan dan membawa kesuksesan di masa depan. Ingatlah, pintu kami tidak pernah terkunci, kalian selalu disambut dengan senang hati. Sukses selalu untuk semua! []

Komentar atas PUNCAK KEBERSAMAAN: MAHASISWA KKN UNY SAMBUT PERPISAHAN DI AULA PONDOK PESANTREN DARUL

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Info Terkini




FESTIVAL TAKBIR KELILING 1445 H KALURAHAN BAGUNHARJO

Hotline

WACenter Bangunharjo

Instagram Resmi Bangunharjo


Info Kalurahan

AGENDA KALURAHAN 2024

Gratis!HALAL,PIRT & NIB

Alur Layanan Mandiri

Syarat Persuratan

APBKal Tahun 2023

APBKal Tahun Sebelumnya

Instansi Terkait

null

Pemerintah Kabupaten Bantul

Jl. Robert Wolter Monginsidi No.1 Bantul

Web: KLIK DISINI | Fb: KLIK DISINI



null

Pemerintah Kapanewon Sewon

Jl. Parangtritis Km 6, Sewon, Bantul

(0274) 379168 | Web: KLIK DISINI



null

Puskesmas Sewon II

Jl. Parangtritis Km 6, Sewon, Bantul

(0274) 445248 | Fb: KLIK DISINI

Web: KLIK DISINI



null

KUA Sewon

Jl. Parangtritis Km 5.6, Sewon, Bantul

(0274) 384018 | Web: KLIK DISINI



null

POLSEK Sewon

Jl. Parangtritis Km 5.6, Sewon, Bantul

(0274) 376559 | Web: KLIK DISINI



null

KORAMIL 04/Sewon

Jl. Parangtritis Km 5, Sewon, Bantul

(0274) | Web: KLIK DISINI

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License