KIRAB TANJUNG NYAWIJI: PERAYAAN SEMARAK MAULID NABI MUHAMMAD SAW YANG MERIAH

Sarif Jabroni, Anto & Yahya 17 September 2023 12:27:53 WIB

Oleh : Sarif Jabroni Dan Anto

     Bangunharjo (17/09) - Dalam rangka memperingati Semarak Maulid Nabi Muhammad Saw, Padukuhan Tanjung di Kalurahan Bangunharjo menggelar acara Kirab Tanjung Nyawiji yang meriah pada hari Minggu, 17 September 2023. Acara yang dihadiri oleh segenap masyarakat padukuhan Tanjung ini menjadi momen bersejarah yang diselenggarakan dengan kehangatan dan semangat kebersamaan.

     Acara tersebut turut dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, antara lain Lurah Bangunharjo, Nurhidayat, S.Ag, M.S.I, serta Dukuh Tanjung yang diwakili oleh tokoh agama setempat seperti Kiai Ahmad Fadly, Kai Wahid Abadi, dan Kiai Ngaliman. Kehadiran mereka menghadirkan aura keagamaan yang kental dalam perayaan ini.

     Saudara Nurhamid, yang bertugas sebagai ketua panitia, telah berperan penting dalam menjalankan berbagai persiapan acara. Kirab Tanjung Nyawiji juga mendapat dukungan dari berbagai pihak, termasuk Tanjung Muda (Fortam) yang terdiri dari muda mudi padukuhanTanjungRT 03 & 04, ikatan pemuda pemudi Dukuh (IPPD) dari rt 01 & 02, Tunas Muda Tanjung ( Tumata) dari RT05 & 06, Pengurus Anak Ranting Nahdlatul Ulama Tanjung (Parnu), Masjid Al Hidayah, dan Masjid Al Ikhlas Tanjung yang menjadi sponsor utama dalam kegiatan ini.

     Salah satu sorotan utama dari Kirab Tanjung Nyawiji adalah dua gunungan yang dihiasi dengan beragam makanan. Gunungan tersebut menjadi simbol kemakmuran dan keberkahan yang turut meramaikan perayaan.

     Acara dibuka dengan meriah oleh Lurah Bangunharjo, Nurhidayat, S.Ag, M.S.I, yang juga memberikan sambutan hangat kepada semua peserta. Beliau mengucapkan selamat kepada seluruh pihak terkait atas terselenggaranya kegiatan tersebut, serta menekankan pentingnya semangat kebersamaan dalam merayakan Maulid Nabi Muhammad Saw.

     Grup Mancing Band dari Ponpes Ali Maksim Krapyak turut hadir dan berhasil memberikan hiburan yang memeriahkan Kirab Tanjung Nyawiji pada saat dua gunungan dikirab. Mereka memberikan sentuhan seni yang unik dan menghibur, menjadikan acara ini semakin meriah dan beragam. Musik dan hiburan dari grup ini pastinya menjadi pengalaman berharga bagi semua peserta yang hadir dalam kirab tersebut, menambahkan nuansa keceriaan pada perayaan Maulid Nabi Muhammad Saw yang penuh makna.

     Tidak hanya itu, Kirab Tanjung Nyawiji juga menjadi kesempatan bagi Pengurus Wilayah Lembaga Kesehatan Nadlatul Ulama (PWLKNU DIY) untuk memberikan layanan dan cek kesehatan secara gratis kepada masyarakat. Ini merupakan langkah positif dalam mendukung kesejahteraan warga sekaligus menyemarakkan semangat keagamaan yang mendalam. Acara yang menggembirakan ini, dapat terlaksana berkat sumber dana yang beragam. Selain dari sponsor-sponsor sumber dana juga datang dari inisiatif masyarakat.

     Dana dari masyarakat yang berasal dari Koin NU pokja Tanjung serta sumbangan infaq yang tidak mengikat memiliki peran sentral dalam mendukung keberlangsungan acara ini. Ini adalah contoh nyata bagaimana semangat gotong royong dan kepedulian masyarakat dapat menjadi pilar penting dalam menjalankan kegiatan sosial dan keagamaan seperti Kirab Tanjung Nyawiji. Sumber dana yang beragam ini membantu memastikan kesuksesan dan kemakmuran acara tersebut.

     Kirab Tanjung Nyawiji tentunya mengukir momen yang penuh makna dan semangat kebersamaan, menjadikan perayaan Maulid Nabi Muhammad Saw tahun ini tak terlupakan bagi warga Padukuhan Tanjung.

Komentar atas KIRAB TANJUNG NYAWIJI: PERAYAAN SEMARAK MAULID NABI MUHAMMAD SAW YANG MERIAH

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Info Terkini




FESTIVAL TAKBIR KELILING 1445 H KALURAHAN BAGUNHARJO

Hotline

WACenter Bangunharjo

Instagram Resmi Bangunharjo


Info Kalurahan

AGENDA KALURAHAN 2024

Gratis!HALAL,PIRT & NIB

Alur Layanan Mandiri

Syarat Persuratan

APBKal Tahun 2023

APBKal Tahun Sebelumnya

Instansi Terkait

null

Pemerintah Kabupaten Bantul

Jl. Robert Wolter Monginsidi No.1 Bantul

Web: KLIK DISINI | Fb: KLIK DISINI



null

Pemerintah Kapanewon Sewon

Jl. Parangtritis Km 6, Sewon, Bantul

(0274) 379168 | Web: KLIK DISINI



null

Puskesmas Sewon II

Jl. Parangtritis Km 6, Sewon, Bantul

(0274) 445248 | Fb: KLIK DISINI

Web: KLIK DISINI



null

KUA Sewon

Jl. Parangtritis Km 5.6, Sewon, Bantul

(0274) 384018 | Web: KLIK DISINI



null

POLSEK Sewon

Jl. Parangtritis Km 5.6, Sewon, Bantul

(0274) 376559 | Web: KLIK DISINI



null

KORAMIL 04/Sewon

Jl. Parangtritis Km 5, Sewon, Bantul

(0274) | Web: KLIK DISINI

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License