RAPAT KESIAPAN PENGOLAHAN SAMPAH I : SAMPAH BANGUNHARJO SELESAI DI BANGUNHARJO

Sarif Jabroni, Anto & Yahya 29 Juli 2023 21:30:40 WIB

Oleh Sarif Jabroni Dan Anto

     Wojo 29 Juli 2023, Menanggapi darurat sampah di D.I Yogyakarta Khususnya Bantul, Kalurahan Bangunharjo menggelar rapat kesiapan pengolahan sampah yang berlangsung di Gedung Serbaguna Wojo. Rapat ini dihadiri oleh sejumlah tokoh penting di kalurahan, termasuk Lurah Bangunharjo, Nurhidayat, S.Ag., M.S.I.. Direktur BUMKAL (Badan Usaha Milik Kalurahan) Bangunharjo, H. Sungkono SE., Akt., M.Sc. berserta Jajaran Pengawas serta Management Bumkal Bangunharjo. Ketua TPK (Tim Pelaksana Kegiatan), H. Fauzan, SE Berserta Jajarannya. Kepala Unit Pengolahan Sampah , Utdz. Sarjito. Serta di hadiri 3 Dukuh, Yaitu Dukuh Wojo ( Sumaryadi ), Dukuh Saman ( Kuat Slamet ), dan Dukuh Randubelang ( Febri Lestanto, M.Kom).

     Rapat ini merupakan momen penting dalam menyatukan langkah-langkah strategis untuk mengatasi permasalahan sampah di Kalurahan Bangunharjo. Lurah Bangunharjo, Nurhidayat, S.Ag., M.S.I., membuka rapat dengan mengapresiasi kehadiran semua pihak yang hadir dan menyampaikan urgensi dari upaya pengelolaan sampah yang efisien dan berkelanjutan. Beliau Juga memberikan arahan kepada BUMKAL sebagai Badan yang di tugaskan untuk mengatasi permsalahan sampah di Bangunharjo Bahwa; “Pemilihan sampah dari rumah merupakan harga mati yang wajib di lakukan oleh masing2 Rumah tangga, menginggat besarnya sampah yang akan di hasilkan oleh masyarakat bangunharjo di perkirakan bisa mencapai 20 Ton / hari sampah yang perlu di pilah. Maka akan lebih mudah dalam pengolahan sampah bila di lakukan dari masing – masing Rumah Tangga, memang Perlu waktu untuk mengedukasi dan membangun kesadaran Masyakarkat akan pentingnya memilah sampah dari Rumah. Namun saya optimis pasti bisa di lakukan”

     Pengurus BUMKAL berperan penting dalam menjalankan sistem pengelolaan sampah yang berbasis pada prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle). Dalam rapat ini, BUMKAL merumuskan langkah-langkah konkret untuk meningkatkan efisiensi dalam pengumpulan dan pemilahan sampah, serta mengembangkan program-program kreatif untuk mendaur ulang sampah menjadi produk bernilai ekonomi. di mulai dengan membagi sampah menjadi 3 yaitu Sampah Organik, AnOrganik, dan Residu.

     Salah satu aspek penting dari rapat ini adalah partisipasi aktif dari perwakilan dukuh di Kalurahan Bangunharjo. Dukuh Wojo, Saman, dan Randubelang memiliki peran sentral dalam menyuarakan aspirasi masyarakat setempat dan menggerakkan inisiatif pengelolaan sampah di tingkat dukuh. Bapak Sumargiono dari Dukuh Wojo menyampaikan rencana untuk melibatkan seluruh warga di pedukuhannya yang berjumlah lebih dari 400 KK untuk mau memilah sampah dari rumah masing – masing dan rencana ini pun di sepakati oleh Dukuh Saman ( Bapak Kuat Slamet ) dan Dukuh Randubelang ( Febri Lestanto, M.Kom) .

    Lurah Bangunharjo sangat mengapresiasi kontribusi aktif dari para perwakilan dukuh dan menyatakan dukungan penuh pemerintah kalurahan dalam mendukung inisiatif-inisiatif tersebut. Beliau menyampaikan pentingnya kolaborasi antara pemerintah, BUMKAL, TPK, dan masyarakat dalam mencapai tujuan bersama untuk lingkungan yang bersih dan sehat.

     Diharapkan, melalui upaya bersama ini, Kalurahan Bangunharjo akan menjadi desa yang semakin bersih, lestari, dan memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungannya.. Aamiin.[]

Komentar atas RAPAT KESIAPAN PENGOLAHAN SAMPAH I : SAMPAH BANGUNHARJO SELESAI DI BANGUNHARJO

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Info Terkini



HALAL BIHALAL PAMONG DAN STAF BERSAMA LURAH KALURAHAN BAGUNHARJO

Hotline

WACenter Bangunharjo

Instagram Resmi Bangunharjo


Info Kalurahan

AGENDA KALURAHAN 2024

Gratis!HALAL,PIRT & NIB

Alur Layanan Mandiri

Syarat Persuratan

APBKal Tahun 2023

APBKal Tahun Sebelumnya

Instansi Terkait

null

Pemerintah Kabupaten Bantul

Jl. Robert Wolter Monginsidi No.1 Bantul

Web: KLIK DISINI | Fb: KLIK DISINI



null

Pemerintah Kapanewon Sewon

Jl. Parangtritis Km 6, Sewon, Bantul

(0274) 379168 | Web: KLIK DISINI



null

Puskesmas Sewon II

Jl. Parangtritis Km 6, Sewon, Bantul

(0274) 445248 | Fb: KLIK DISINI

Web: KLIK DISINI



null

KUA Sewon

Jl. Parangtritis Km 5.6, Sewon, Bantul

(0274) 384018 | Web: KLIK DISINI



null

POLSEK Sewon

Jl. Parangtritis Km 5.6, Sewon, Bantul

(0274) 376559 | Web: KLIK DISINI



null

KORAMIL 04/Sewon

Jl. Parangtritis Km 5, Sewon, Bantul

(0274) | Web: KLIK DISINI

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License