PELATIHAN PEMASARAN ONLINE UNTUK PELAKU USAHA

Sarif Jabroni, Anto & Yahya 11 Juli 2023 19:10:32 WIB

Oleh : Sarif Jabroni dan Anto

     Sebagai upaya membantu para pelaku usaha agar dapat bersaing di era ekonomi digital, Pemerintah Kalurahan Bangunharjo bekerja sama dengan Dinas Koperasi UKM Perindustrian Dan Perdagangan menggelar Pelatihan Pemasaran Online Bagi sejumlah Pelaku usaha dari Kalurahan Bangunharjo. Pelatihan ini akan berlangsung selama 3 hari penuh mulai dari tanggal 11 sampai 13 Juli 2023 bertempat di ruang meeting Balai Kalurahan Bangunharjo.

     Hari ini merupakan pembukaan Sekaligus pelatihan hari pertama yang berlangsung dari pukul 08.30 sampai pukul 15.00 WIaB. Hadir dalam acara pembukaan tersebut Dari pemerintah kabupaten Bantul diwakili kepala bidang pengembangan perdagangan Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan perdagangan (Tutik Lestariningsih , S.P.M.Ec.Dev),. Dari Kapanewon Sewon diwakili Panewu Anom (Bambang Hudayanto, SH, MM.) Lurah Bangunharjo (Nurhidayat, S.Ag, M.S.I) Serta menghadirkan Bryan Erfanda Putra dari Gapura Digital sebagai narasumber.

     Acara dibuka oleh Tutik Lestariningsih, S.P.M.Ec.Dev
Dalam sambutan singkatnya, Beliau mengharapkan adanya peningkatan penjualan dari para pelaku usaha sampai ke luar negeri; "Dengan adanya pelatihan pemasaran online ini diharapkan jangkauan usaha dari para peserta pelatihan bisa meningkat. Kita harus ada inovasi baru yakni dengan memanfaatkan media-media sosial yang sekarang ini sudah banyak dijadikan sebagai sarana pemasaran dari produk kita semua., dengan sistem pemasaran online produk kita tidak hanya akan dijangkau oleh orang di kecamatan Sewon tapi bisa sampai ke seluruh Bantul bahkan seluruh Indonesia bahkan bisa jadi sampai ekspor." Ujar Tutik Lestariningsih.

     Bambang Hudaryanto, SH, MM yang mewakili Panewu Sewon lebih menekankan supaya kita memanfaatkan HP atau internet untuk kepentingan bisnis; "HP kita harus kita manfaatkan sebaik-baiknya, Kalau bisa yang diupload itu barang dagangan hasil produk olahan kita untuk kita besarkan Jangan membuat status tentang kondisi kita ketika kita kesusahan atau ketika sedang makan-makan enak, itu tidak perlu" ujar Bambang Hudaryanto SH MM Selanjutnya Bambang Hudaryanto SH MM menekankan supaya para peserta pelatihan yang juga merupakan pelaku usaha bisa memberikan pelayanan dan produk yang terbaik dan jujur supaya pembeli bisa puas;

"Kita harus menjaga pelayanan kita karena dengan pelayanan yang baik maka akan ada pembelian berulang Meskipun mungkin produk kita tidak terlalu bagus.
Tapi lebih bagus lagi kalau barang yang kita jual adalah barang yang berkualitas dan bisa kita pertanggung jawabkan sehingga kita bisa dipercaya oleh konsumen sehingga konsumen kembali melakukan pembelian berulang, Lewat manapun Rizki itu kalau sudah jatahnya kita maka akan datang ke kita tidak perlu melakukan perbuatan-perbuatan yang curang" Demikian Panewu Anom berujar

     Sementara dalam sambutannya Lurah Bangunharjo (Nurhidayat, S Ag, M.S.I) mengharapkan supaya para peserta pelatihan bisa menjalani pelatihan ini dengan sungguh sungguh sehingga bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat;

"Kegiatan pelatihan Ini tolong dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk bersama-sama kita mengasah dan menimba ilmu terkait dengan pemasaran online ini, seperti kita ketahui bahwa pemasaran atau marketing merupakan kunci keberhasilan dari sebuah usaha., di perusahaan manapun peran marketing sangat berpengaruh dalam perkembangan atau pertumbuhan perusahaan tersebut,Meskipun produknya sebagus apapun kalau pemasarannya tidak bagus tidak tidak lancar maka tidak akan bisa laku dengan baik"
Selanjutnya Nurhidayat melanjutkan
Ada pelaku UMKM yang juga warga Bangunharjo produknya sudah mendunia, padahal produknya berupa kerupuk tempe harapan Kami para peserta ini bisa menyusul bisa memesan produknya sampai tingkat dunia".
     Nurhidayat juga menyampaikan doa dan harapan supaya para peserta pelatihan bisa berubah lebih maju setelah mengikuti pelatihan ini. "Ilmu sebagus apapun kalau tidak dipraktekkan maka akan sia-sia.
Semoga kegiatan ini membawa kebaikan dan keberkahan dari Allah SWT" []

Komentar atas PELATIHAN PEMASARAN ONLINE UNTUK PELAKU USAHA

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Info Terkini



HALAL BIHALAL PAMONG DAN STAF BERSAMA LURAH KALURAHAN BAGUNHARJO

Hotline

WACenter Bangunharjo

Instagram Resmi Bangunharjo


Info Kalurahan

AGENDA KALURAHAN 2024

Gratis!HALAL,PIRT & NIB

Alur Layanan Mandiri

Syarat Persuratan

APBKal Tahun 2023

APBKal Tahun Sebelumnya

Instansi Terkait

null

Pemerintah Kabupaten Bantul

Jl. Robert Wolter Monginsidi No.1 Bantul

Web: KLIK DISINI | Fb: KLIK DISINI



null

Pemerintah Kapanewon Sewon

Jl. Parangtritis Km 6, Sewon, Bantul

(0274) 379168 | Web: KLIK DISINI



null

Puskesmas Sewon II

Jl. Parangtritis Km 6, Sewon, Bantul

(0274) 445248 | Fb: KLIK DISINI

Web: KLIK DISINI



null

KUA Sewon

Jl. Parangtritis Km 5.6, Sewon, Bantul

(0274) 384018 | Web: KLIK DISINI



null

POLSEK Sewon

Jl. Parangtritis Km 5.6, Sewon, Bantul

(0274) 376559 | Web: KLIK DISINI



null

KORAMIL 04/Sewon

Jl. Parangtritis Km 5, Sewon, Bantul

(0274) | Web: KLIK DISINI

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License