18 TIM MENGIKUTI FESTIVAL TAKBIR KELILING BANGUNHARJO TAHUN 2023

Sarif Jabroni, Anto & Yahya 01 Juli 2023 17:10:52 WIB

Oleh : Sarif Jabroni dan Anto


     Jum'at 30 Juni 2023, pukul 20.00 WIB, Panewu Sewon (Hartini, S. IP, MM) didampingi Lurah Bangunharjo (Nurhidayat S.Ag M.S I) dan Kamituwo (Rohmadi ST), melepas 18 Tim/Peserta Festival Takbir keliling Karang Taruna Bangunharjo di Pelataran SD Sinar Putih, Jalan Imogiri Barat.

     Digelarnya kembali Festival Takbir Keliling ini menjadi magnet bagi para warga Bangunharjo dan Sekitarnya, terbukti ribuan pengunjung dan peserta memadati jalan Imogiri Barat, untuk menyaksikan Festival Takbir keliling yang kembali digelar setelah sempat vakum selama 3 tahun,
Festival semacam ini biasanya dilaksanakan saat hari raya Idul Adha.

     Bertindak selaku penyelenggara kegiatan yakni Karang taruna karya Wijaya Kusuma kalurahan Bangunharjo, Festival takbir keliling tahun 2023 ini adalah perhelatan ke tujuh kalinya, Pada penyelenggaraan festival Takbir keliling kali ini dikuti dari berbagai Padukuhan se-kalurahan Bangunharjo sebanyak 15 kelompok dan tambahan peserta 3 kelompok dari Panggungharjo.

"Tahun ini sebanyak 18 kelompok festival takbir menyemarakkan Lomba takbir ini, Dari 18 kontingen tersebut, para peserta atau kafilah harus membuat sebuah karya atau maskot yang ditampilkan saat pawai Takbir sepanjang jalan dan akan ada penampilan khusus di display untuk dinilai oleh para Juri,
Para peserta telah menampilkan karyanya masing masing, ada yang berbentuk hewan, Kapal, kereta kencana dan sebagainya. Hal ini untuk memperlihatkan kreativitas para peserta yang tiada batas,"
Jelas Lurah Bangunharjo (Nurhidayat S.Ag M.S.I).

     Saat membuka kegiatan Panewu Sewon mengapresisasi Penyelenggaraan festival takbir keliling yang di laksanakan oleh karang taruna Kalurahan Bangunharjo, dengan lomba takbir ini dapat mengagungkan nama Allah Swt, ibu Panewu mengucapkan selamat atas penyelenggaraan lomba takbir ini kepada Panitia dan selamat berlomba kepada para peserta Ketika membuka dan mengibarkan bendera start untuk peserta festival takbir keliling.

     Perhelatan Festival takbir yang memadukan atraksi seni budaya dan religi ini menggunakan jalur imogiri barat dengan rute dari Padukuhan Wojo RT 08 Melewati Padukuhan Ngoto sampai Pelataran Balai Kalurahan Bangunharjo di Padukuhan Semail RT 01. Sepanjang rute tersebut dilakukan penutupandi setiap penggal jalan secara penuh oleh Personil gabungan dari unsur Banser, Kokam, FPRB, Relawan Tanjung Kepolisian dan Koramil. pengamanan terkoordinasi dengan baik di lokasi pemberangkatan hingga ke finish balai Kalurahan Bangunharjo.

     Setelah sampai ke Balai kalurahan Bangunharjo setiap tim atau kafilah diberi waktu 5 menit dengan persiapan selama 2 menit untuk menampilkan atraksinya masing masing di pelataran kalurahan Bangunharjo dengan disaksikan oleh Pak Lurah, Bu Panewu, Bapak Subhan Nawawi ( Wakil Ketua DPRD Kab Bantul), Dukuh, Pamong dan ribuan masyarakat yang hadir untuk menonton dan dinilai oleh para juri, untuk kali ini Juri sebanyak 3 orang didatangkan khusus dari Kalasan, Kasihan dan Banguntapan.
Adapun para juri menentukan pemenang lomba festival tersebut dengan Penilaian ditentukan dari gabungan tiga faktor yaitu takbir kreativitas dan kekompakan. Untuk kategori takbir meliputi Tajwid dan lafadz takbir, lagu, semangat dan kekompakan. Untuk kreativitas peserta meliputi Kostum, lampion, maskot, display dan musik,. Sedangkan untuk kekompakan yang dinilai adalah kekompakan barisan, kerapihan barisan dan keserasian.

     Tim dari Dusun Wojo RT 04, 05, 06, 07 & 08 dengan maskot Bahtera nabi Nuh dan slogan "Melalui Budaya Kita Syiarkan Agama" Keluar sebagai juara utama setelah mendapatkan 946 poin, menggungguli 17 tim yang lainnya. Untuk juara kedua tim dari Dusun Randubelang dengan 940 poin mengungguli Tim dari Dusun Ngoto di tempat ketiga dan Tim Dari Krapyak Kulon kidul di tempat keempat.

Sebagai penutup Lurah Bangunharjo, Nurhidayat, S. Ag M.S. I menguacapkan;

"Selamat kepada tim dari dusun Wojo yang telah memenangkan festival lomba tahun ini semoga makin menguatkan semangat dari seluruh personilnya untuk terus menyiarkan syiar agama dengan media kebudayaan, karena kebudayaan adalah identitas kita sebagai umat yang berbudaya". []





Klik di sini utk Download Foto Lebih lengkap 1


Klik di sini utk Download Foto Lebih lengkap 2

Komentar atas 18 TIM MENGIKUTI FESTIVAL TAKBIR KELILING BANGUNHARJO TAHUN 2023

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Info Terkini




PROFILE KALURAHAN BANGUNHARJO

Hotline

WACenter Bangunharjo

Instagram Resmi Bangunharjo


Info Kalurahan

AGENDA KALURAHAN 2024

Gratis!HALAL,PIRT & NIB

Alur Layanan Mandiri

Syarat Persuratan

APBKal Tahun 2023

APBKal Tahun Sebelumnya

Instansi Terkait

null

Pemerintah Kabupaten Bantul

Jl. Robert Wolter Monginsidi No.1 Bantul

Web: KLIK DISINI | Fb: KLIK DISINI



null

Pemerintah Kapanewon Sewon

Jl. Parangtritis Km 6, Sewon, Bantul

(0274) 379168 | Web: KLIK DISINI



null

Puskesmas Sewon II

Jl. Parangtritis Km 6, Sewon, Bantul

(0274) 445248 | Fb: KLIK DISINI

Web: KLIK DISINI



null

KUA Sewon

Jl. Parangtritis Km 5.6, Sewon, Bantul

(0274) 384018 | Web: KLIK DISINI



null

POLSEK Sewon

Jl. Parangtritis Km 5.6, Sewon, Bantul

(0274) 376559 | Web: KLIK DISINI



null

KORAMIL 04/Sewon

Jl. Parangtritis Km 5, Sewon, Bantul

(0274) | Web: KLIK DISINI

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License