PELATIHAN TATA BOGA DISNAKERTRANS KABUPATEN BANTUL: MENINGKATKAN KETERAMPILAN KULINER DI MASYARAKAT

Sarif Jabroni, Anto & Yahya 07 Juni 2023 23:16:57 WIB

Oleh : Sarif Jabroni dan Anto

     Bangunharjo, 7 Juni 2023 - Dalam rangka mendukung pengembangan keterampilan masyarakat di bidang kuliner, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Bantul menyelenggarakan pelatihan tata boga. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Pendopo Bapak Parjono, Padukuhan Ngijo, Bangunharjo, Sewon, Bantul.

     Pelatihan tata boga ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dasar kepada peserta agar dapat mengembangkan kemampuan dalam memasak dan mengolah berbagai jenis makanan. Peserta pelatihan berasal dari berbagai kalangan, termasuk masyarakat umum, pelajar, dan ibu rumah tangga yang tertarik untuk meningkatkan kemampuan kuliner mereka.

     Dalam acara ini turut hadir lurah Bangunharjo Bapak Nurhidayat S.Ag., M.S.I beliau menyampaikan; "Menarik sekali bahwa para peserta yang telah di bimbing oleh para chief telah berhasil menyajikan masakan yang luar biasa bukan hanya masakan lokal, para peserta juga mampu membuat masakan Internasional." Bapak Nurhidayat S.Ag., M.S.I juga menyapaikan Pentingnya pelatihan tata boga sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang kuliner. Ia berharap melalui pelatihan ini, peserta dapat mengembangkan bakat dan minat dalam dunia kuliner serta membuka peluang untuk berkarier di industri makanan dan minuman.

     Pelatihan tata boga ini mencakup berbagai materi, seperti pengenalan bahan makanan, teknik memasak, penggunaan alat dapur, higiene dan sanitasi, serta penataan hidangan. Peserta akan diajarkan keterampilan dasar dalam mengolah makanan sehari-hari, seperti membuat hidangan tradisional, makanan ringan, dan makanan sehat.

     Selain itu, pelatihan ini juga memberikan kesempatan bagi peserta untuk berinteraksi langsung dengan para instruktur yang ahli di bidang kuliner. Instruktur yang terlibat dalam pelatihan ini merupakan para praktisi kuliner berpengalaman yang siap membagikan pengetahuan dan tips praktis kepada peserta.

     Pelatihan tata boga Disnakertrans Kabupaten Bantul berlangsung selama dua hari penuh, dengan kombinasi sesi teori dan praktek. Setiap peserta diberikan kesempatan untuk melakukan latihan dan mencoba langsung mengaplikasikan pengetahuan yang telah mereka peroleh. Hal ini bertujuan agar peserta dapat memperoleh pengalaman praktis yang bermanfaat dalam mengasah keterampilan kuliner mereka.

     Dalam upaya untuk mendorong penerapan keterampilan yang telah dipelajari, peserta juga akan diarahkan untuk membuat hidangan kreatif dan berpartisipasi dalam sesi penilaian oleh para instruktur. Hal ini diharapkan dapat membangkitkan semangat peserta untuk terus mengembangkan bakat kuliner mereka dan menciptakan kreasi unik dalam memasak.

     Pelatihan tata boga yang diadakan oleh Disnakertrans Kabupaten Bantul atas fasilitasi Bapak Ayunadi, anggota DPRD Kabupaten Bantul, merupakan salah satu upaya nyata pemerintah dalam meningkatkan keterampilan dan pembangunan sumber daya manusia di bidang kuliner. Diharapkan pelatihan ini dapat memberikan manfaat yang positif bagi peserta dan berkontribusi dalam mengembangkan industri kuliner di Kabupaten Bantul.[]

Dibawah ini adalah beberapa contoh hasil masakan ibu - ibu peserta Palatihan Tata Boga

Komentar atas PELATIHAN TATA BOGA DISNAKERTRANS KABUPATEN BANTUL: MENINGKATKAN KETERAMPILAN KULINER DI MASYARAKAT

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Info Terkini



HALAL BIHALAL PAMONG DAN STAF BERSAMA LURAH KALURAHAN BAGUNHARJO

Hotline

WACenter Bangunharjo

Instagram Resmi Bangunharjo


Info Kalurahan

AGENDA KALURAHAN 2024

Gratis!HALAL,PIRT & NIB

Alur Layanan Mandiri

Syarat Persuratan

APBKal Tahun 2023

APBKal Tahun Sebelumnya

Instansi Terkait

null

Pemerintah Kabupaten Bantul

Jl. Robert Wolter Monginsidi No.1 Bantul

Web: KLIK DISINI | Fb: KLIK DISINI



null

Pemerintah Kapanewon Sewon

Jl. Parangtritis Km 6, Sewon, Bantul

(0274) 379168 | Web: KLIK DISINI



null

Puskesmas Sewon II

Jl. Parangtritis Km 6, Sewon, Bantul

(0274) 445248 | Fb: KLIK DISINI

Web: KLIK DISINI



null

KUA Sewon

Jl. Parangtritis Km 5.6, Sewon, Bantul

(0274) 384018 | Web: KLIK DISINI



null

POLSEK Sewon

Jl. Parangtritis Km 5.6, Sewon, Bantul

(0274) 376559 | Web: KLIK DISINI



null

KORAMIL 04/Sewon

Jl. Parangtritis Km 5, Sewon, Bantul

(0274) | Web: KLIK DISINI

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License