FORUM KONSULTASI PUBLIK (FKP) HASIL PENDATAAN AWAL REGSOSEK TA 2023 KALURAHAN BANGUNHARJO

Sarif Jabroni, Anto & Yahya 02 Mei 2023 22:28:57 WIB

Oleh : Sarif Jabroni dan Anto

     Selasa, 2 April 2023. Bertempat di ruang meeting Balai Kalurahan Bangunharjo, Lurah Bangunharjo Nurhidayat, S.Ag., M.SI, membuka acara Forum Konsultasi Publik (FKP) Hasil Pendataan Awal Regsosek (Registrasi Sosial Ekonomi) Tahun 2023.

     Acara ini akan berlangsung selama 13 kali dalam waktu 19 hari kedepan dengan peserta undangan seluruh Ketua RT dari 17 Padukuhan di Bangunharjo .

     Untuk hari pertama ini mengundang peserta forum dari Padukuhan Saman Dengan menghadirkan Dukuh (Kuat Slamet), Kader Kemiskinan Padukuhan Saman (Siti Fatimah) dan seluruh ketua RT sePadukuhan Saman yang berjumlah 11 RT. Dengan narasumber lurah Bangunharjo (Nurhidayat, S.Ag., M.SI) dan Kamituwo (Rohmadi, ST.) juga dari Badan Pusat Statistik Kabupaten Bantul ada Yuni Pamungkas S.SI, MM (Asisten Fasilitator Badan Pusat Statistik Kabupaten Bantul) Turut hadir jajaran Forkopim dari Polsek dan Koramil.

     Tujuan FKP hasil Regsosek ini ialah untuk memperoleh kesepakatan pada hasil pengelompokan kesejahteraan keluarga pendataan awal Regsosek. Kegiatan FKP ini direncanakan terselanggara sampai tanggal 21 Mei 2023, untuk kemudian di evaluasi ulang untuk difinalisasi pada Juni 2023.

     Dalam sambutannya, lurah Bangunharjo menyampaikan bahwa kegiatan Forum Konsultasi Publik (FKP) ini sejalan dengan Surat Edaran Kemendagri perihal pelaksanaan Forum Konsultasi Publik (FKP) hasil Pendataan Regsosek. “Kami mengundang orang-orang yang berperan penting di masyarakat sehingga nanti kedepannya kita bisa mengetahui dengan pasti data yang riil di lapangan tentang keadaan sebenarnya sehingga kedepannya meminimalisir protes dari warga, Pendataan awal Regsosek yang telah dilakukan pada tahun 2022 akan menjadi sumber data bagi perlindungan sosial di wilayah masing-masing. Finalisasi hasil pendataan yang melibatkan partisipasi masyarakat melalui Forum Konsultasi Publik (FKP) ini memiliki berbagai manfaat seperti untuk transparansi sekaligus sebagai bentuk pertanggungjawaban dalam penyusunan sebuah kebijakan publik. Oleh karena itu diharapkan dalam menentukan data harus objektif, jangan berdasarkan subjektifitas pak Erte, karena memang namanya satu Erte semuanya kenal. Kita harus profesional, koordinasi yang baik antara pemerintah, fasilitator, perangkat desa serta unsur-unsur dalam masyarakat, khususnya Ketua RT sangat diperlukan" demikian pesan lurah Bangunharjo dalam sambutannya.

     Dalam kesempatan ini Ibu Yuni Pamungkas, S.SI., MM. menjelaskan alasan dari adanya forum ini adalah untuk memastikan validitas data, "Kenapa harus dikroscek kembali ? karena memungkinkan ada kesalahan data. Pertama bisa jadi kesalahan dari petugas yang salah input atau salah melakukan pendataan.
Kedua ada kemungkinan di sistem pengolahannya salah, salah memasukkan kode PTK entry data.
Ketiga bisa jadi dari keluarga yang bersangkutan, bisa jadi ada ada keluarga yang tidak jujur." Begitu ujarnya

Komentar atas FORUM KONSULTASI PUBLIK (FKP) HASIL PENDATAAN AWAL REGSOSEK TA 2023 KALURAHAN BANGUNHARJO

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Info Terkini



HALAL BIHALAL PAMONG DAN STAF BERSAMA LURAH KALURAHAN BAGUNHARJO

Hotline

WACenter Bangunharjo

Instagram Resmi Bangunharjo


Info Kalurahan

AGENDA KALURAHAN 2024

Gratis!HALAL,PIRT & NIB

Alur Layanan Mandiri

Syarat Persuratan

APBKal Tahun 2023

APBKal Tahun Sebelumnya

Instansi Terkait

null

Pemerintah Kabupaten Bantul

Jl. Robert Wolter Monginsidi No.1 Bantul

Web: KLIK DISINI | Fb: KLIK DISINI



null

Pemerintah Kapanewon Sewon

Jl. Parangtritis Km 6, Sewon, Bantul

(0274) 379168 | Web: KLIK DISINI



null

Puskesmas Sewon II

Jl. Parangtritis Km 6, Sewon, Bantul

(0274) 445248 | Fb: KLIK DISINI

Web: KLIK DISINI



null

KUA Sewon

Jl. Parangtritis Km 5.6, Sewon, Bantul

(0274) 384018 | Web: KLIK DISINI



null

POLSEK Sewon

Jl. Parangtritis Km 5.6, Sewon, Bantul

(0274) 376559 | Web: KLIK DISINI



null

KORAMIL 04/Sewon

Jl. Parangtritis Km 5, Sewon, Bantul

(0274) | Web: KLIK DISINI

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License