PERINGATAN ISRA MI'RAJ 2023 JAMAAH MASJID NUR IMAN WIDORO

Sarif Jabroni, Anto & Yahya 19 Februari 2023 16:12:15 WIB

Oleh : Sarif Jabroni dan Anto

     Minggu, 19 Februari 2023, Dalam rangka memperingati Hari Isra mi'raj Nabi Muhammad Saw, Ketua PHBI Masjid Nur Iman Widoro, Wisnu Budi Santosa bersama ketua takmir Masjid Nur Iman Widoro, Kiai Sardjito, menggagas beberapa kegiatan yang berbeda dari biasanya, tidak hanya peringatan dalam bentuk pengajian Akbar bersama kepala KUA Sewon, H. Mustafid Amna SAg MH. yang telah terlaksana tadi malam, Sabtu, 18 Februari 2023 bertempat di Masjid Nur Iman yang bertempat di RT 03 Padukuhan Widoro, Kalurahan Bangunharjo. hari ini dilanjutkan dengan mengadakan kegiatan Jalan Sehat dan senam masal yang dihadiri oleh Lurah Bangunharjo Nurhidayat bersama Istri.

     Jalan sehat dan senam masal dalam rangka memperingati hari Isra mi'raj Nabi Muhammad Saw jamaah Widoro ini sebagai upaya edukasi kepada seluruh jamaah tentang sejarah dan pesan moral tentang peristiwa penting yakni perjalanan suci nabi Muhammad Saw 1445 tahun yang lalu, yang dari perjalanan ini Beliau dapat perintah shalat, dan akhirnya shalat adalah jadi ibadah paling agung bagi umat muslim.

     Memperingati tentang sejarah shalat adalah sebuah keniscayaan, Kegiatan tersebut juga sekaligus untuk menunjukkan eksistensi Masjid di lingkungan masyarakat khususnya di wilayah padukan Widoro dan Kalurahan Bangunharjo kecamatan dan sekitarnya.

     Ketua Takmir Masjid Nur Iman, Sarjito mengatakan "bahwasanya Masjid itu tidak melulu tentang shalat dan pengajian tapi bisa juga mengadakan kegiatan yang bisa membuat jamaahnya sehat jasmaninya seperti senam dan jalan sehat yang kita laksanakan pagi hari ini, diharapkan dengan kegiatan senam masal dan jalan sehat ini jamaah bisa menjadi sehat jasmani dan rohaninya sekaligus.Awaké séhat ngibadahé kuat. Atiné seneng ngibadahé mempeng"

     Tujuan kegiatan Senam Masal dan Jalan Sehat ini adalah sebagai berikut

  1. Memperingati Isra mi'raj Nabi Muhammad Saw ;
  2. Menumbuh kembangkan empati dan tanggung jawab ;
  3. Membangun kekeluargaan dan persaudaraan di lingkungan keluarga besar Jamaah Masjid Nur Iman dan warga masyarakat Padukuhan Widoro dan Sekitarnya ;
  4. Mempromosikan kegiatan Masjid kepada seluruh masyarakat Padukuhan Widoro, khususnya generasi muda supaya mereka gemar ke masjid dan mau memakmurkan masjid.

        
     Pelaksanaan kegiatan ini dibuka dan dipimpin oleh pak Wisnu Budi Santosa, mulai dengan jalan sehat keliling Kampung Widoro dengan start dari halaman masjid Nur Iman dan Kembali finish ke tempat semula,. Setelah kembali ke halaman Masjid lalu dilanjutkan dengan senam masal, setelah selesai dengan senam massal acara dilanjutkan dengan makan bubur bersama diiringi pembagian door price oleh panitia.
Kegiatan ini diikuti oleh tidak kurang dari 500 (lima ratus) peserta dari masyarakat sekitar. Tentunya kegiatan ini berlangsung sangat meriah, suka cita, dan gegap-gempita.

     Sardjito menjelaskan "ini acara jamaah, seluruh anggaran kegiatan dan door price juga jamaah yang mengangkatnya secara bersama sama, Ada yang memberikan dana, ada yang memberikan barang barang seperti, rice cooker, Microwave, teflon, aquarium, kipas angin kaos, sarung, voucher, makanan, madu, pokoknya banyak, terlalu banyak kalau saya sebutkan satu-persatu." Jelasnya

Panitia penyelenggara dalam kegiatan jalan sehat ini memberikan puluhan hadiah (doorprize) yang menarik bagi peserta Jalan Sehat, dengan hadiah utama berupa Kompor gas 2 tungku yang berhasil dibawa pulang oleh ibu Atin warga RT 08.

Disela sela acara, Nurhidayat sebagai lurah Bangunharjo mengatakan.
"Saya sangat mengapresiasi kegiatan semacam ini, dan saya sangat bersemangat untuk hadir membersamai seluruh jamaah yang Hadir untuk bersama sama memperingati Isra mi'raj Nabi Muhammad Saw tahun ini dengan kegiatan yang sangat menyehatkan. Meskipun hari ini hari libur dan mestinya saya pakai untuk istirahat, tapi bertemu dan berbaur dengan warga masyarakat Padukuhan Widoro atau Jamaah Nur Iman diacara yang sangat bagus seperti Ini tentu saja ini juga adalah bentuk rekreasi yang mewah bagi saya dan istri, Saya Sangat bangga dengan kerukunan masyarakat Widoro, semoga ini bisa diikuti oleh masjid masjid yang lainnya di seluruh Kalurahan Bangunharjo" []

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Info Terkini




PROFILE KALURAHAN BANGUNHARJO

Hotline

WACenter Bangunharjo

Instagram Resmi Bangunharjo


Info Kalurahan

AGENDA KALURAHAN 2024

Gratis!HALAL,PIRT & NIB

Alur Layanan Mandiri

Syarat Persuratan

APBKal Tahun 2023

APBKal Tahun Sebelumnya

Instansi Terkait

null

Pemerintah Kabupaten Bantul

Jl. Robert Wolter Monginsidi No.1 Bantul

Web: KLIK DISINI | Fb: KLIK DISINI



null

Pemerintah Kapanewon Sewon

Jl. Parangtritis Km 6, Sewon, Bantul

(0274) 379168 | Web: KLIK DISINI



null

Puskesmas Sewon II

Jl. Parangtritis Km 6, Sewon, Bantul

(0274) 445248 | Fb: KLIK DISINI

Web: KLIK DISINI



null

KUA Sewon

Jl. Parangtritis Km 5.6, Sewon, Bantul

(0274) 384018 | Web: KLIK DISINI



null

POLSEK Sewon

Jl. Parangtritis Km 5.6, Sewon, Bantul

(0274) 376559 | Web: KLIK DISINI



null

KORAMIL 04/Sewon

Jl. Parangtritis Km 5, Sewon, Bantul

(0274) | Web: KLIK DISINI

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License