DUSUN GATAK, MREDO DAN JURUG RINTIS PEMBANGUNAN JALAN BARU

DUSUN GATAK 08 Januari 2020 01:01:07 WIB

Bangunharjo (6/1) – Bulak Kulon Mredo adalah salah satu area persawahan terluas di Desa Bangunharjo. Bulak tersebut terletak di tiga dusun yaitu Dusun Gatak, Dusun Mredo dan Dusun Jurug. Tanahnya yang subur, banyak dimanfaatkan oleh petani setempat untuk menanam berbagai tanaman pangan diantaranya, padi, jagung, kacang, ketela, cabai dan lain sebagainya. Namun sayangnya akses jalan di Bulak Kulon Mredo masih terbilang kurang memadai, terutama untuk sawah yang terletak ditengah-tengah yaitu di bantaran kali tengah. Petani yang mempunyai sawah yang jauh dari jalan utama tersebut merasa kesulitan ketika hendak mengangkut hasil pertanian. Sawah yang berada di pinggiran kali tengah juga kurang produktif dikarenakan struktur tanah yang gembur dan kurang terjangkau karena jauhnya akses jalan.

Oleh karena itu, pada tahun 2017 lalu beberapa petani yang mempunyai sawah di bantaran kali tengah berinisiatif untuk membuat jalan yang berada di timur bantaran kali tengah membelah Bulak Kulon Mredo. Jalan tersebut rencananya dibangun dari timur jembatan kali tengah Dusun Gatak hingga tembus jalan Jurug-Semail. Inisiatif tersebut disambut baik oleh Pemerintah Desa Bangunharjo. Pada saat pembukaan gotong royong pertama kali pembuatan jalan baru itu turut dihadiri oleh Lurah Desa Bangunharjo, Yuni Ardi Wibowo, S.Sos.

Namun, seiring berjalannya waktu, upaya pembuatan jalan tersebut macet di tengah jalan, dikarenakan berbagai hal salah satu penyebabnya adalah kurangnya biaya operasional. Biaya operasional pembuatan jalan sebelumnya juga hanya mengandalkan swadaya masyarakat dan donatur saja. Akan tetapi hal tersebut tak menyurutkan tekad masyarakat untuk membangun jalan.

Pada hari Senin, 6 Januari 2019 panitia pembangunan jalan beinisiatif mengadakan rapat tindak lanjut untuk menentuan arah kerja yang akan dilakukan ke depan. Rapat bertempat di rumah Dukuh Gatak dan dihadiri oleh beberapa panitia pembangunan jalan. Rapat tersebut juga turut dihadiri oleh Kasie Pemerintahan Desa Bangunharjo, Bapak Sayono dan Dukuh Jurug, Bapak Bejo Hadi Raharjo. Dalam rapat tersebut Bapak Sayono menghimbau agar upaya pembangunan jalan dapat dilanjutkan, perkuat gotong royong lagi dengan slogan “Kolobis Kuntul Baris”. Selain itu, panitia juga diminta untuk membuatkan surat kerelaan bagi masyarakat yang merelakan tanahnya untuk dijadikan jalan, agar tidak terjadi sengketa tanah dimasa yang akan datang. (Har)

Komentar atas DUSUN GATAK, MREDO DAN JURUG RINTIS PEMBANGUNAN JALAN BARU

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Info Terkini



HALAL BIHALAL PAMONG DAN STAF BERSAMA LURAH KALURAHAN BAGUNHARJO

Hotline

WACenter Bangunharjo

Instagram Resmi Bangunharjo


Info Kalurahan

AGENDA KALURAHAN 2024

Gratis!HALAL,PIRT & NIB

Alur Layanan Mandiri

Syarat Persuratan

APBKal Tahun 2023

APBKal Tahun Sebelumnya

Instansi Terkait

null

Pemerintah Kabupaten Bantul

Jl. Robert Wolter Monginsidi No.1 Bantul

Web: KLIK DISINI | Fb: KLIK DISINI



null

Pemerintah Kapanewon Sewon

Jl. Parangtritis Km 6, Sewon, Bantul

(0274) 379168 | Web: KLIK DISINI



null

Puskesmas Sewon II

Jl. Parangtritis Km 6, Sewon, Bantul

(0274) 445248 | Fb: KLIK DISINI

Web: KLIK DISINI



null

KUA Sewon

Jl. Parangtritis Km 5.6, Sewon, Bantul

(0274) 384018 | Web: KLIK DISINI



null

POLSEK Sewon

Jl. Parangtritis Km 5.6, Sewon, Bantul

(0274) 376559 | Web: KLIK DISINI



null

KORAMIL 04/Sewon

Jl. Parangtritis Km 5, Sewon, Bantul

(0274) | Web: KLIK DISINI

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License