Safari Syawalan ke Rumah Kyai

DUSUN SEMAIL 23 Juni 2019 06:55:47 WIB

Kegiatan syawalan atau halal bihalal sudah menjadi tradisi yang selalu ada di setiap momen perayaan hari raya Idul Fitri di Dusun Semail. Acara syawalan biasanya masih berlangsung selama satu minggu setelah hari raya. Momen safari syawalan ini dimanfaatkan oleh warga dusun Semail saat lebaran tiba yaitu untuk mempererat tali silaturahmi antar warga.

Dalam rangka menjalin silaturahmi antar warga, pada hari Kamis 2 syawal 1440 H/6 Juni 2019 atau dilaksanakan pada lebaran ke-2 takmir Mushola al-Hikmah dusun Semail mengadakan acara safari syawalan atau halal bihalal. Bukan hanya syawalan berkumpul bersama di satu tempat, ada ada tradisi syawalan warga berkeliling dari satu rumah ke rumah yang lain, bahkan yang ada di luar Dusun Semail. Agenda rutin tahunan ini dilaksanakan dengan mengunjungi rumah Ustadz dan rumah Kyai (ndalem Kyai) seperti Ustadz Supangat (Jejeran), Mbah Kyai Dangin (Kanggotan), Pak Nurcholish (Dobalan), Kyai Haji Maksum (Garon), dan Ustadz Syaiful Bahri (Mredo). Kegiatan ini dilakukan sekitar pukul 08.00 s/d 12.00 WIB dan berkumpul di Mushola Al-Hikmah. Kegiatan ini diikuti oleh para jamaah yang terdiri dari bapak-bapak, ibu-ibu, anak-anak, dan beberapa pemuda/i KAMAJAYA.

Para rombongan yang ikut acara syawalan ini disambut dengan baik oleh Ustadz dan Kyai. Acara ini diawali dengan sambutan dari perwakilan pengurus takmir Mushola Al-Hikmah dan dilanjutkan dengan sambutan Ustadz dan Kyai, kemudian diakhiri dengan do’a bersama yang dipimpin oleh Ustadz dan Kyai. "Kegiatan ini diharapkan kepada generasi penerus selanjutnya untuk bisa terus melanjutkan kegiatan safari syawalan setiap tahunnya, “ujar salah satu pengurus takmir”. (oleh: Isti)

Komentar atas Safari Syawalan ke Rumah Kyai

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Info Terkini



HALAL BIHALAL PAMONG DAN STAF BERSAMA LURAH KALURAHAN BAGUNHARJO

Hotline

WACenter Bangunharjo

Instagram Resmi Bangunharjo


Info Kalurahan

AGENDA KALURAHAN 2024

Gratis!HALAL,PIRT & NIB

Alur Layanan Mandiri

Syarat Persuratan

APBKal Tahun 2023

APBKal Tahun Sebelumnya

Instansi Terkait

null

Pemerintah Kabupaten Bantul

Jl. Robert Wolter Monginsidi No.1 Bantul

Web: KLIK DISINI | Fb: KLIK DISINI



null

Pemerintah Kapanewon Sewon

Jl. Parangtritis Km 6, Sewon, Bantul

(0274) 379168 | Web: KLIK DISINI



null

Puskesmas Sewon II

Jl. Parangtritis Km 6, Sewon, Bantul

(0274) 445248 | Fb: KLIK DISINI

Web: KLIK DISINI



null

KUA Sewon

Jl. Parangtritis Km 5.6, Sewon, Bantul

(0274) 384018 | Web: KLIK DISINI



null

POLSEK Sewon

Jl. Parangtritis Km 5.6, Sewon, Bantul

(0274) 376559 | Web: KLIK DISINI



null

KORAMIL 04/Sewon

Jl. Parangtritis Km 5, Sewon, Bantul

(0274) | Web: KLIK DISINI

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License