Gema Takbir Ramaikan Malam Menjelang Idul Fitri di Dusun Semail

DUSUN SEMAIL 21 Juni 2019 22:27:42 WIB

Jalan perkampungan Dusun Semail semakin malam berubah menjadi semakin ramai di malam terakhir bulan Ramadhan. Rombongan takbir keliling yang menggemakan takbir memadati jalan perkampungan demi menyambut Hari Raya Idul Fitri yang jatuh pada 5 Juni 2019 esoknya. Kegiatan takbir keliling di malam Idul Fitri telah menjadi kegiatan rutin tahunan di Dusun Semail sebagai bagian dari aktivitas keagamaan di kampung. 

Berbeda dengan takbir di saat Idul Adha yang berkeliling dengan rute yang cukup jauh, takbir keliling memperingati Idul Fitri hanya dilakukan dengan mengelilingi perkampungan Semail saja. Tujuannya adalah supaya dapat menghidupkan Dusun Semail di malam yang penuh berkah, sekaligus sarana syiar Islam. Supaya warga bisa ikut mengumandangkan gema takbir bersama dengan rombongan pawai takbir keliling.

Peserta takbir keliling ini sebagian besar diikuti oleh anak-anak yang biasa aktif mengikuti kegiatan takjil selama bulan Ramadhan. Tetapi, di belakang rombongan masih ada bapak, ibu, dan juga pemuda yang turut serta meramaikan pawai ini. Warna-warna cahaya lampion yang dibawa anak-anak menambah cerianya malam Idul Fitri. Tak lupa, di tengah rombongan ada sebuah maskot berbentuk masjid. Maskot ini melambangkan ketiga rumah ibadah yang ada di Dusun Semail, yaitu Masjid Jamal, Masjid Al-Falah, dan Mushola Al Hikmah. Harapannya agar warga selalu menghidupkan dan meramaikan ketiga rumah ibadah tersebut. Ketiganya menjadi tempat yang sangat penting bagi warga Semail, bukan hanya sebagai tempat ibadah, tapi juga fungsi sosial lainnya seperti tempat pengajian, rapat, bahkan berkumpulnya warga.

Setelah sampai di destinasi terakhir yaitu Masjid Jamal, peserta takbir keliling tidak begitu saja dibubarkan, melainkan dibagikan snack dan doorprize. Akhir malam itu semakin meriah dengan antusiasme adik-adik peserta yang saling berebut untuk bisa mendapatkan doorprize yang telah disiapkan panitia.

Komentar atas Gema Takbir Ramaikan Malam Menjelang Idul Fitri di Dusun Semail

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Info Terkini




IFO LIBUR DAN CUTI BERSAMA IDUL ADHA 1445 H

Hotline

WACenter Bangunharjo

Instagram Resmi Bangunharjo


Info Kalurahan

AGENDA KALURAHAN 2024

Gratis!HALAL,PIRT & NIB

Alur Layanan Mandiri

Syarat Persuratan

APBKal Tahun 2023

APBKal Tahun Sebelumnya

Instansi Terkait

null

Pemerintah Kabupaten Bantul

Jl. Robert Wolter Monginsidi No.1 Bantul

Web: KLIK DISINI | Fb: KLIK DISINI



null

Pemerintah Kapanewon Sewon

Jl. Parangtritis Km 6, Sewon, Bantul

(0274) 379168 | Web: KLIK DISINI



null

Puskesmas Sewon II

Jl. Parangtritis Km 6, Sewon, Bantul

(0274) 445248 | Fb: KLIK DISINI

Web: KLIK DISINI



null

KUA Sewon

Jl. Parangtritis Km 5.6, Sewon, Bantul

(0274) 384018 | Web: KLIK DISINI



null

POLSEK Sewon

Jl. Parangtritis Km 5.6, Sewon, Bantul

(0274) 376559 | Web: KLIK DISINI



null

KORAMIL 04/Sewon

Jl. Parangtritis Km 5, Sewon, Bantul

(0274) | Web: KLIK DISINI

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License