Ceramah di Ngoto, KH Ma'ruf Islamudin bahas filosofi pancasila dalam tahlilan

DUSUN NGOTO 01 April 2019 14:38:24 WIB

Bantul (03/29) KH Ma'ruf Islamuddin pengasuh Pondok Pesantren Walisongo Sragen menegaskan bahwa nilai filosofis Pancasila ada dalam tahlilan. Ia menjelaskan hal itu saat pengajian akhirussanah Malam Jumat Pahing yang berlangsung di halaman Madrasah Diniyah Nurul Huda Gang Cendana Ngoto RT 02 Bangunharjo, Sewon Bantul, Jumat (29/03/2019) malam.

 

"Kalau ingin melihat pelaksanaan Pancasila yang benar dan tepat maka lihatlah orang tahlilan. Filosofi Pancasila ada di tahlilan," ujarnya.

 

Pertama, orang tahlil itu pasti baca surat Al-Ikhlas yang berbunyi Qulhu Allahu ahad Allahus shomad. "Itulah Ketuhanan yang Maha Esa dan di dalam tahlil pasti baca itu. Yang artinya Tuhan itu satu," jelasnya. 

 

Kedua, dalam tahlilan siapa pun boleh datang dan ikut. "Tidak ada seleksi, tidak ada pertanyaan, kamu bisa tahlil enggak? Semua boleh ikut. Inilah Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab, " sambungnya.

 

Ketiga, orang tahlil itu duduknya bersila semua. "Tidak dibedakan duduknya seorang pejabat, kiai, santri dan orang biasa. Semuanya sila, rata. Itulah persatuan Indonesia terdapat dalam sila ke tiga pancasila," papar kiai berputra lima itu.

“Setelah itu, menjelang dimulai, di sanalah jamaah mencari pemimpin, lalu terjadi musyawarah kecil-kecilan mencari seorang pemimpin tahlil. Itulah kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan atau perwakilan," jelas kiai yang piawai bernyanyi ini.

 

Selesai tahlil, berkatnya keluar. "Semuanya mendapatkan berkat yang sama tanpa ada berbedaan baik tampilan dan isinya semuanya sama. Itulah keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," tandasnya.

 

Selain itu, KH Ma'ruf juga mengingatkan jamaah bahwa wajib menjaga dan mempertahankan NKRI. Sebelum memulai ceramah pun, ia mengajak jamaah menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

 

Sebelumnya pengasuh majelis rutinan Malam Jumat Pahing Kiai Umaruddin Masdar meminta kepada jamaah untuk tetap menjaga kerukunan. "Jelang coblosan 17 April besok, mari kita jaga kerukunan meski berbeda pilihan," tutur kiai yang dulu menimba ilmu di Pesantren Tebuireng Jombang itu.

 

Kegiatan pengajian ini dihadiri ribuan jamaah. Berlangsung hingga sekitar jam12 malam. Dalam acara malam itu hadir Wakil Ketua MPR RI yakni bapak muhaimin iskandar. Dan hadir pula Rois Syuriah PWNU DI, KH Mas'ud Masduki, yang memimpin tahlil. (Red)

Dokumen Lampiran : Ceramah di Ngoto, KH Ma'ruf Islamudin bahas filosofi pancasila dalam tahlilan


Komentar atas Ceramah di Ngoto, KH Ma'ruf Islamudin bahas filosofi pancasila dalam tahlilan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Info Terkini



HALAL BIHALAL PAMONG DAN STAF BERSAMA LURAH KALURAHAN BAGUNHARJO

Hotline

WACenter Bangunharjo

Instagram Resmi Bangunharjo


Info Kalurahan

AGENDA KALURAHAN 2024

Gratis!HALAL,PIRT & NIB

Alur Layanan Mandiri

Syarat Persuratan

APBKal Tahun 2023

APBKal Tahun Sebelumnya

Instansi Terkait

null

Pemerintah Kabupaten Bantul

Jl. Robert Wolter Monginsidi No.1 Bantul

Web: KLIK DISINI | Fb: KLIK DISINI



null

Pemerintah Kapanewon Sewon

Jl. Parangtritis Km 6, Sewon, Bantul

(0274) 379168 | Web: KLIK DISINI



null

Puskesmas Sewon II

Jl. Parangtritis Km 6, Sewon, Bantul

(0274) 445248 | Fb: KLIK DISINI

Web: KLIK DISINI



null

KUA Sewon

Jl. Parangtritis Km 5.6, Sewon, Bantul

(0274) 384018 | Web: KLIK DISINI



null

POLSEK Sewon

Jl. Parangtritis Km 5.6, Sewon, Bantul

(0274) 376559 | Web: KLIK DISINI



null

KORAMIL 04/Sewon

Jl. Parangtritis Km 5, Sewon, Bantul

(0274) | Web: KLIK DISINI

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License