Kunjungan Muda Mudi Randubelang ke Bank Sampah Karangkajen

DUSUN SALAKAN 14 Februari 2019 21:29:48 WIB

BeritaBangunharjo(13/2) – Sampah saat ini masih menjadi permasalahan di banyak daerah, terutama di kawasan kota, atau yang mendekati perkotaan. Lahan yang minim dengan penduduk yang padat menjadi penyebab utama masalah sampah. Ketika mendengar kata “sampah” yang terbayang pertama kali adalah hal-hal yang berhubungan dengan kotor, bau, merugikan. Dan jumlahnya tentu semakin bertambah setiap waktunya. Tetapi ternyata sampah bisa berdampak sebaliknya, yaitu menjadi hal yang menguntungkan.

Pada hari Sabtu, 2 Februari 2019 lalu, pemuda Randubelang bersama beberapa perangkat Dusun, termasuk Dukuh Randubelang, mengunjungi Bank Sampah Karangkajen yang terletak di selatan Masjid Jami Karangkajen. Bank Sampah tersebut dikelola oleh ibu-ibu PKK setempat yang berjumlah sekitar 5 orang. Setor sampah dilakukan sekitar setiap sebulan sekali sesuai dengan perjanjian pihak pembeli sampah. Bank Sampah di Karangkajen tersebut sudah berjalan sekitar 2 tahun, dan antusiasme warga cukup bagus. Jam buka penerimaan sampah pada hari itu dilakukan mulai pukul 9-11 pagi, hanya sekitar 2 jam. Dalam 2 jam warga berdatangan membawa sampah yang sudah siap di setor dengan keadaan sudah dikelompokkan berdasarkan kategori sampah, dan sudah bersih. Sampah yang dibawa langsung ditimbang, dihitung nilainya, dan dicatat pada buku tabungan masing-masing. Tabungan sampah dapat diambil dalam waktu sekitar 1 tahun. Sehingga warga dapat merasakan manfaat sampah yang dikelola dengan baik, dalam bentuk tabungan. Selain itu, sampah kering yang menumpuk yang dapat menyebabkan lingkungan kumuh juga dapat dikurangi karena kontribusi warga sendiri.

Dari Bank Sampah kita dapat belajar bagaimana segala sesuatu yang dikelola dengan baik pasti akan berdampak baik. Sampah yang dipandang kotor, bau, merugikan ternyata dapat diolah sehingga malah bermanfaat. Program Randubelang ke depan adalah mengelola sampah seperti yang dilakukan oleh Ibu-ibu PKK Karangkajen. Dengan jumlah penduduk Randubelang yang cukup banyak, diharapkan sebagian besar dapat ikut andil dalam pengelolaan sampah.

Berita ini juga dapat diakses di website Randubelang http://www.kampoengentrepreneur.com

Komentar atas Kunjungan Muda Mudi Randubelang ke Bank Sampah Karangkajen

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Info Kalurahan

NOMOR TELPON DARURAT

Darurat/Emergency Call : 112
Ambulan : 118
Polisi : 110
Pemadam Kebakaran: 113
SAR Akses Nasional: 115
Layanan PLN: 123
Layanan PMI: (0274) 372 176
Info Gempa Nasional: (021) 6586 6502

Instansi Terkait

null

Pemerintah Kabupaten Bantul

Jl. Robert Wolter Monginsidi No.1 Bantul

Web: KLIK DISINI | Fb: KLIK DISINI




null

Pemerintah Kapanewon Sewon

Jl. Parangtritis Km 6, Sewon, Bantul

(0274) 379168 | Web: KLIK DISINI




null

Puskesmas Sewon II

Jl. Parangtritis Km 6, Sewon, Bantul

(0274) 445248 | Fb: KLIK DISINI

Web: KLIK DISINI




null

KUA Sewon

Jl. Parangtritis Km 5.6, Sewon, Bantul

(0274) 384018 | Web: KLIK DISINI




null

POLSEK Sewon

Jl. Parangtritis Km 5.6, Sewon, Bantul

(0274) 376559 | Web: KLIK DISINI




null

KORAMIL 04/Sewon

Jl. Parangtritis Km 5, Sewon, Bantul

(0274) | Web: KLIK DISINI

INFO TERKINI

Media Sosial

FacebookGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License