PENGAJIAN AKBAR MAULID NABI MASJID KAGUNGAN NDALEM BAITURRAHMAN

DUSUN RANDUBELANG 01 Desember 2018 15:47:17 WIB

WartaBangunharjo,. Masjid Kagungan Ndalem Baiturrahman Saman dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad Sholallahu 'Alaihi Wassalam mengadakan Acara Kirab Gunungan Telur Merah dan Gunungan Jajanan Anak anak serta Pembacaan Maulid Ndiba' yang dipimpin Oleh Gus Shofiyudin dan Gus Taufiq dari Grup Ahbabul Musthofa Jogja dan diiringi 2 Grup Hadroh yaitu grup Hadroh As Samany dari Saman dan grup Hadroh Karisma dari SMKN 2 Yogyakarta pada Senin (19/11) di Depan Masjid.

 

Kirab Gunungan Telur Merah dan Gunungan Jajanan Anak ini Start dari Mushola As Salimy kemudian Mushola As Sholeh dan Finish di Masjid Kagungan Ndalem Baiturrahman Saman.

 

Menurut beberapa sumber, Telur merah alias Endog Abang sendiri digambarkan sebagai makna dari 3 benda yang menjadi kekhasan telur merah ini.

 

Telur (endog-jawa) diartikan sebagai sebuah kelahiran, warna merah (abang -jawa) sebagai perlambangan dari kesejahteraan, dan ruas bambu panjang yang menusuk berarti hubungan vertikal dengan pencipta (Tuhan).

 

Lebih jelasnya, telur merah (endog abang) ini memiliki makna yaitu simbol kelahiran kembali untuk kehidupan ke depan yang lebih baik, serta simbol hidup sejahtera dengan selalu berpedoman dengan garis yang telah ditentukan oleh Allah SWT (Tuhan).

 

Tidak hanya Kirab Telur Merah tetapi juga tersedia Puluhan Ingkung ayam dan juga tumpeng untuk para Jamaah yang hadir. Setelah pembacaan Maulid Ndiba' selesai panitia dibantu dengan Remaja Masjid membagikan Telur Merah dan juga Nasi Tumpeng.

 

Antusisme masyarakat Saman dan Sekitarnya terlihat dengan banyaknya jamaah yang hadir dalam acara ini dan mengabadikan foto dan video dalam HP mereka masing masing , diperkirakan ada ± 500 orang yang hadir, mulai dari anak anak , remaja dan juga orang tua.

 

Harapannya acara ini akan menjadi icon Tahunan Masjid Kagungan Ndalem Baiturrahman Saman dalam Memperingati Maulid Nabi Muhammad Sholallahu 'Alaihi Wassalam serta menjadi Kegembiraan kita semua atas Kelahiran Nabi kita Tercinta Nabi Muhammad Sholallahu 'Alaihi Wassalam.

Komentar atas PENGAJIAN AKBAR MAULID NABI MASJID KAGUNGAN NDALEM BAITURRAHMAN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Info Terkini



HALAL BIHALAL PAMONG DAN STAF BERSAMA LURAH KALURAHAN BAGUNHARJO

Hotline

WACenter Bangunharjo

Instagram Resmi Bangunharjo


Info Kalurahan

AGENDA KALURAHAN 2024

Gratis!HALAL,PIRT & NIB

Alur Layanan Mandiri

Syarat Persuratan

APBKal Tahun 2023

APBKal Tahun Sebelumnya

Instansi Terkait

null

Pemerintah Kabupaten Bantul

Jl. Robert Wolter Monginsidi No.1 Bantul

Web: KLIK DISINI | Fb: KLIK DISINI



null

Pemerintah Kapanewon Sewon

Jl. Parangtritis Km 6, Sewon, Bantul

(0274) 379168 | Web: KLIK DISINI



null

Puskesmas Sewon II

Jl. Parangtritis Km 6, Sewon, Bantul

(0274) 445248 | Fb: KLIK DISINI

Web: KLIK DISINI



null

KUA Sewon

Jl. Parangtritis Km 5.6, Sewon, Bantul

(0274) 384018 | Web: KLIK DISINI



null

POLSEK Sewon

Jl. Parangtritis Km 5.6, Sewon, Bantul

(0274) 376559 | Web: KLIK DISINI



null

KORAMIL 04/Sewon

Jl. Parangtritis Km 5, Sewon, Bantul

(0274) | Web: KLIK DISINI

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License