Bergodo Rangga Sumailan Beraksi di Kirab Budaya Kamajaya Festival 2018

DUSUN SEMAIL 23 November 2018 23:56:45 WIB

Bergodo Rangga Sumailan hadir dengan kostum merah terang di kirab budaya Kamajaya Festival 2018 pada hari Minggu, 18 November 2018. Kirab budaya yang berlangsung pada jam 9 pagi di lapangan Semail diikuti oleh hampir 300 orang lebih warga Dusun Semail. Semua warga hadir dengan kostum dan dandanan yang unik demi ikut memeriahkan pembukaan Kamajaya Festival 2018.

Setelah ikut memeriahkan kirab budaya di HUT Desa Bangunharjo ke-72 pada 1 November 2018 lalu, Bergodo Ronggo Sumailan beraksi kembali. Dipimpin oleh Panji Bergodo Sri Widodo, pasukan bergodo memimpin rombongan kirab budaya mengelilingi Pedukuhan Semail. Alunan alat musik gamelan dipadukan dengan alat musik modern seperti senar drum yang dimainkan pasukan bergodo mengiringi langkah pasukan kirab dengan khidmat.

Tepat di belakang pasukan bergodo, ada iringan gunungan yang dipikul oleh para pemuda. Lalu, di belakangnya diikuti oleh peserta kirab yang terbagi menjadi 7 kontingen RT (rukun tetangga) yang ada di Pedukuhan Semail. Masing-masing kontingen RT hadir dengan konsep yang unik. Ada yang hadir dengan kostum gejog, ada yang bermain kentongan, ada yang bermain angklung, bahkan ada yang pawai menggunakan becak hias.

Setelah mengelilingi Pedukuhan Semail, Bergodo Rangga Sumailan dan rombongan kirab budaya kembali ke lapangan Semail. Acara dilanjutkan dengan rayahan gunungan dimana warga berebut mengambil hasil bumi yang ada di atasnya. Setelah rayahan, warga disuguhi dengan penampilan tari dari adik-adik PAUD Kasih Ibu, tari tradisional anak-anak cublak-cublak suweng, dan gejog lesung oleh ibu-ibu RT 06.

Acara kirab budaya Kamajaya Festival 2018 yang menghadirkan Bergodo Rangga Sumailan ini bertujuan memperkenalkan potensi seni budaya yang ada di Pedukuhan Semail. Di Dusun Semail, ada berbagai potensi seni dan budaya seperti bergodo prajurit, karawitan, ketoprak, panembromo, angklung, gejog lesung, hadroh, dan masih banyak lainnya. Selain itu, Semail juga mempunyai potensi produk unggulan seperti kerajinan batik, gerabah, patung kayu, hingga berbagai industri kecil makanan rumahan.

Di tahun 2018, Dusun Semail juga berhasil memperoleh beberapa prestasi membanggakan seperti Juara 2 lomba gebyar dan kebersihan pedukuhan tingkat desa, dusun terbaik menuju DB4MK tingkat desa, juara I lomba hari kesehatan nasional tingkat wilayah puskesmas, dan juara II lomba pidato Bahasa Jawa tingkat desa. Dusun Semail juga sukses melakukan beberapa pembangunan seperti saluran air, jalan/cor blok, dan gapura.

Komentar atas Bergodo Rangga Sumailan Beraksi di Kirab Budaya Kamajaya Festival 2018

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Info Terkini



HALAL BIHALAL PAMONG DAN STAF BERSAMA LURAH KALURAHAN BAGUNHARJO

Hotline

WACenter Bangunharjo

Instagram Resmi Bangunharjo


Info Kalurahan

AGENDA KALURAHAN 2024

Gratis!HALAL,PIRT & NIB

Alur Layanan Mandiri

Syarat Persuratan

APBKal Tahun 2023

APBKal Tahun Sebelumnya

Instansi Terkait

null

Pemerintah Kabupaten Bantul

Jl. Robert Wolter Monginsidi No.1 Bantul

Web: KLIK DISINI | Fb: KLIK DISINI



null

Pemerintah Kapanewon Sewon

Jl. Parangtritis Km 6, Sewon, Bantul

(0274) 379168 | Web: KLIK DISINI



null

Puskesmas Sewon II

Jl. Parangtritis Km 6, Sewon, Bantul

(0274) 445248 | Fb: KLIK DISINI

Web: KLIK DISINI



null

KUA Sewon

Jl. Parangtritis Km 5.6, Sewon, Bantul

(0274) 384018 | Web: KLIK DISINI



null

POLSEK Sewon

Jl. Parangtritis Km 5.6, Sewon, Bantul

(0274) 376559 | Web: KLIK DISINI



null

KORAMIL 04/Sewon

Jl. Parangtritis Km 5, Sewon, Bantul

(0274) | Web: KLIK DISINI

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License