Meriahkan Ultah Desa Bangunharjo, 17 Rombongan Bergada Padati Lapangan Semail

DUSUN SEMAIL 06 November 2018 09:58:13 WIB

 

           Perayaan ulang tahun Desa Bangunharjo yang ke-72 semakin meriah dengan hadirnya rombongan bergada dari 17 pedukuhan yang berkumpul di lapangan Semail pada hari Kamis, 1 November 2018. Tepat setelah adzan ashar berkumandang, acara dimulai dengan pelaksanaan upacara bergada yang dipimpin oleh Camat Sewon, Bapak Drs. Danang Erwanto, M.Si. Setelah upacara selesai, rombongan bergada memulai pawai kirab gunungan dari lapangan Semail hingga berakhir di balai Desa Bangunharjo untuk rayahan (arti: rebutan) hasil bumi yang dibawa di atas gunungan.

            Terdapat empat gunungan utama yang diusung pada kirab gunungan perayaan ultah Desa Bangunharjo kali ini. Empat gunungan ini mewakili tiap wilayah pedukuhan di Desa Bangunharjo yang terbagi menjadi empat kalurahan (wilayah). Ada gunungan dari kalurahan Saman yang mewakili pedukuhan Saman, Jotawang, Salakan dan Randu Belang. Gunungan kalurahan Ngoto mewakili pedukuhan Ngoto, Pandeyan, Bakung, dan Semail. Gunungan kalurahan Wojo mewakili pedukuhan Wojo, Tanjung, Druwo dan Tarudan. Lalu, gunungan keempat mewakili kalurahan Jurug yang meliputi pedukuhan Jurug, Mredo, Gatak, Widoro, dan Demangan.

            Lewat kirab gunungan ini, pemerintah Desa Bangunharjo mendorong tiap pedukuhan untuk mengeluarkan potensi budaya yang dimiliki. Bukan sekedar memeriahkan perayaan ulang tahun desa saja, tetapi kirab budaya ini bisa ikut mempromosikan potensi desa kepada masyarakat luas. Tiap gunungan dihiasi dengan berbagai hasil bumi dan potensi yang ada di pedukuhan yang diwakilinya. Ada gunungan yang berisi sayur-sayuran, gunungan makanan ringan, lele goreng, hingga gunungan unik yang dihiasi dengan kaos.

            Daya tarik kirab budaya ini tidak hanya pada gunungannya saja, tetapi juga rombongan bergadanya. Tiap desa hadir dengan tema dan kostum yang unik sehingga sukses menarik perhatian warga. Sebut saja dari pedukuhan Bakung yang menghadirkan maskot burung garuda. Lalu, dari pedukuhan Widoro menggunakan sampah plastik yang didaur ulang menjadi kostum yang cantik.

            Kemeriahan kirab gunungan ini sukses menarik kedatangan warga yang memadati lapangan Semail hingga sepanjang jalan rute pawai. “Acaranya seru! Biasanya kita cuma bisa lihat di keraton, tapi sekarang ada event seperti ini bisa jadi hiburan masyarakat dan pengenalan budaya buat anak. Acara seperti ini bisa jadi wujud pelestarian budaya Jawa juga.” ungkap Tantri, warga dusun Saman yang antusias datang menonton kirab bersama putranya.

 

 

 

           

 

 

Komentar atas Meriahkan Ultah Desa Bangunharjo, 17 Rombongan Bergada Padati Lapangan Semail

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Info Kalurahan

NOMOR TELPON DARURAT

Darurat/Emergency Call : 112
Ambulan : 118
Polisi : 110
Pemadam Kebakaran: 113
SAR Akses Nasional: 115
Layanan PLN: 123
Layanan PMI: (0274) 372 176
Info Gempa Nasional: (021) 6586 6502

Instansi Terkait

null

Pemerintah Kabupaten Bantul

Jl. Robert Wolter Monginsidi No.1 Bantul

Web: KLIK DISINI | Fb: KLIK DISINI




null

Pemerintah Kapanewon Sewon

Jl. Parangtritis Km 6, Sewon, Bantul

(0274) 379168 | Web: KLIK DISINI




null

Puskesmas Sewon II

Jl. Parangtritis Km 6, Sewon, Bantul

(0274) 445248 | Fb: KLIK DISINI

Web: KLIK DISINI




null

KUA Sewon

Jl. Parangtritis Km 5.6, Sewon, Bantul

(0274) 384018 | Web: KLIK DISINI




null

POLSEK Sewon

Jl. Parangtritis Km 5.6, Sewon, Bantul

(0274) 376559 | Web: KLIK DISINI




null

KORAMIL 04/Sewon

Jl. Parangtritis Km 5, Sewon, Bantul

(0274) | Web: KLIK DISINI

INFO TERKINI

Media Sosial

FacebookGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License